Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Produksi yang Terintegrasi untuk Meningkatkan Efektivitas dan Efisiensi di PT. KMM Malang

NAWIR, MEIKE (2014) Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Produksi yang Terintegrasi untuk Meningkatkan Efektivitas dan Efisiensi di PT. KMM Malang. Masters thesis, University of Surabaya.

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/237441

Abstract

Persaingan dalam perusahaan manufaktur semakin meningkat. Informasi yang cepat dan tepat dari sistem produksi diperlukan dalam pengembangan perusahaan agar efektifitas dan efisiensi dapat tercapai. Tercapainya efektifitas dan efisinsi dari sistem produksi pada perusahaan manufaktur dapat meningkatkan daya saing perusahaan. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk tercapainya efektifitas dan efisiensi dalam sistem produksi melakukan pengintegrasian sistem. PT. KKM merupakan sebuha perusahaan manufaktur yang bergerak dalam bidang industri pembuatan furniture. Permasalahan yang dihadapi oleh perusahaan adalah proses desain produk yang tidak efisien, keakuratan informasi inventori, perencanaan proses produksi yang lama dan tidak fleksibel, proses produksi yang tidak terkontrol, dan perhitungan biaya produksi yang tidak akurat. Melihat permasalahan yang dihadapi oleh perusahaan saat ini, dengan menggunakan metode penelitian kualitatif yang bersifat applied research, peneliti memberikan rekomendasi untuk membuat sistem produksi yang integrasi. Penelitian dilakukan dengan membagi aktivitas dalam siklus produksi menjadi empat, yaitu: desain produk, perencanaan dan penjadwalan produksi, proses produksi, dan perhitungan biaya produksi. Berdasarkan analisis biaya dan manfaat yang dilakukan peneliti, dengan melakukan implementasi dari sistem produksi yang terintegrasi dapat menciptakan efektifitas dan efisiensi dalam siklus produksi PT. KKM. Efektifitas yang dapat dicapai dari implementasi sistem produksi yang terintegrasi adalah fungsi dalam sistem produksi perusahaan dapat berjalan dengan lancar sehingga tujuan perusahaan tercapai dan adanya pengendalian terhadap sistem produksi perusahaan sehingga aset perusahaan tetap terjaga. Efisiensi yang dapat dicapai dari implementasi sistem produksi yang terintegrasi adalah desain produk yang lebih efisien, informasi inventori yang lebih akurat, perencanaan dan penjadwal produksi yang fleksibel, proses produksi menjadi lebih terkontrol, dan perhitungan biaya produksi akurat sesuai dengan biaya aktual yang dikeluarkan untuk menghasilkan produk tersebut.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: system design, production sycle
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Postgraduate Programs > Master Program in Accounting
Depositing User: Eko Wahyudi 197013
Date Deposited: 13 Mar 2015 07:47
Last Modified: 13 Mar 2015 07:47
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/23615

Actions (login required)

View Item View Item