Efektifitas Penerapan Result Control Tightness dalam Meningkatkan Customer Satisfaction pada Divisi Marketing PT. Nuplex Raung Resins di Surabaya

Tangguhjaya, Stephanie (2008) Efektifitas Penerapan Result Control Tightness dalam Meningkatkan Customer Satisfaction pada Divisi Marketing PT. Nuplex Raung Resins di Surabaya. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of AK_2242_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
AK_2242_Abstrak.pdf

Download (51kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/133813

Abstract

Sumber Daya Manusia merupakan faktor penting yang menentukan kelangsungan hidup suatu badan usaha. Jadi, sebaik apapun suatu system yang diterapkan oleh sebuah perusahaan, inti masalah utamanya adalah sumber daya manusianya. Untuk itu, diperlukan adanya suatu sistem pengendalian manajemen yang sesuai dengan kebutuhan manajemen perusahaan. Sistem ini merupakan salah satu faktor pendukung keberhasilan untuk mencapai tujuan organisasi. Adanya sisteem pengendalian yang baik dalam organisasi dilakukan untuk memastikan bahwa anggota organisasi bertindak dan memiliki keinginan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan oleh organisasi. Salah satu bentuk sistem pengendalian adalah result control, yaitu merupakan bentuk pengendalian yang menyangkut pemberian reward kepada karyawan yang memiliki prestasi di dalam badan usaha dan pemberian punishment atas kinerja yang buruk. Result Control akan mempengaruhi kinerja karena dengan adanya penerapan result control karyawan akan memperhatikan konsekuensi dari tindakan yang mereka lakukan. Result control juga memacu karyawan untuk menciptakan dan mengembangkan bakat serta mendapatkan kedudukan dimana mereka bisa bekerja dengan baik. Ada beberapa elemen dari result control, yaitu penentuan dimensi kinerja, pengukuran kinerja, penetapan target kinerja, dan pemberian reward dan punishment. PT. Nuplex Raung Resins merupakan salah satu badan usaha yang bergerak di bidang manufaktur yang terletak di Surabaya. Badan usaha ini menawarkan produk berupa resins yang merupakan bahan baku dalam pembuatan segala macam cat. PT. Nuplex Raung Resins menerapkan tight result control dengan penekanan pada penetapan target kinerja dan pemberian reward dan punishment. Berdasarkan pada tight result control yang diterapkan oleh PT. Nuplex Raung Resins, maka pembuatan skripsi ini difokuskan untuk mengetahui bagaimana efektivitas penerapan result control tightness dan pengaruhnya terhadap peningkatan customer satisfaction pada divisi marketing PT. Nuplex Raung Resins. Efektivitas tight result control yang diterapkan oleh PT. Nuplex Raung Resins dapat dilihat dari kemampuan tight result control di dalam meningkatkan customer satisfaction yang membawa dampak positif yaitu tercapainya tujuan perusahaan seperti peningkatan penjualan, perolehan laba yang maksimal, dan pemenuhan kebutuhan dan keinginan pelanggan. Temuan dari penelitian, menunjukkan bahwa tight result control berupa pemberian reward dan punishment dan penetapan target kinerja efektif dalam meningkatkan customer satisfaction pada divisi marketing PT. Nuplex Raung Resins.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: Result control, sistem pengedalian, reward, punishment, customer satisfaction
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Faculty of Business and Economic > Department of Accounting
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 24 Mar 2015 03:42
Last Modified: 24 Mar 2015 03:42
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/23639

Actions (login required)

View Item View Item