Aliran Informasi di Aktivitas Pembelian dalam Supply Management untuk Mempertahankan Competitive Advantage PT X di Surabaya

Susanto, Yenny (2008) Aliran Informasi di Aktivitas Pembelian dalam Supply Management untuk Mempertahankan Competitive Advantage PT X di Surabaya. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of AK_2244_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
AK_2244_Abstrak.pdf

Download (34kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/133815

Abstract

Pada era globalisasi sekarang ini setiap perusahaan harus memiliki keunggulannya (competitive advantage) masing-masing agar dapat terus bertahan tanpa terpengaruh dengan adanya banyak pendatang baru. Oleh karena itu diperlukan usaha dari PT “X” untuk terus dapat mempertahankannya. Salah satunya dengan menerapkan supply management yang difokuskan pada hubungan buyer dengan supplier. Disini fungsi pembelian sebagai sisi dari perusahaan (buyer) akan berperan besar dalam memperoleh bahan baku yang akan terus diperlukan dalam proses produksi dan melakukan hubungan langsung dengan supplier. Dibutuhkan beberapa kriteria untuk memilih supplier, dimana price merupakan faktor yang paling penting karena sesuai dengan keunggulan kompetitif yang dipilih PT “X” yaitu cost leadership. Oleh karena itu top management dapat menilai kinerja fungsi pembelian dari segi biaya. Beberapa faktor lain seperti lead time, quality, capability, flexibility, dan lain sebagainya juga dibutuhkan sebagai nilai tambah dari supplier. Setelah itu untuk pengelolaannya dilakukan pengukuran kinerja atas supplier dan juga selalu memantau perkembangan pasar. Pembelian harus dilakukan secara bijak, efisien dan efektif. Dalam pelaksanaanya harus ada dasar yang kuat melalui dukungan informasi baik internal maupun eksternal. Sharing informasi dengan supplier penting agar dapat mengantisipasi faktor eksternal dan untuk kepentingan follow up proses pembelian. Aliran informasi dan aktivitas komunikasi antara pembelian dengan fungsi lain dan supplier tersebut akan didukung oleh teknologi informasi yang terintegrasi, dengan adanya teknologi informasi ini akan sangat membantu aktivitas pembelian untuk mengakses informasi dimana dalam segi waktu yang lebih singkat.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: Supply management, Competitive advantage, supplier, buyer, cost leadership, quality, lead time, capa
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Faculty of Business and Economic > Department of Accounting
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 25 Mar 2015 01:57
Last Modified: 25 Mar 2015 01:57
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/23661

Actions (login required)

View Item View Item