Studi Pengaruh Earnings Management Terhadap Kinerja Laba Pasca Seasoned Equity Offerings untuk Perusahaan - Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Jakarta Tahun 2006

Ramadhan, Arya Gilang (2008) Studi Pengaruh Earnings Management Terhadap Kinerja Laba Pasca Seasoned Equity Offerings untuk Perusahaan - Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Jakarta Tahun 2006. [Undergraduate thesis]

[img]
Preview
PDF
AK_2252_Abstrak.pdf

Download (33Kb) | Preview
Official URL: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/133823

Abstract

Perusahaan publik seringkali melakukan penawaran saham tambahan atau Seasoned Equity Offerings (SEO) untuk memperoleh tambahan dana bagi kegiatan pembiayaan perusahaan. Salah satu mekanismenya adalah right issue. Manajemen berharap agar saham baru yang ditawarkan direspon positif oleh investor. Sementara itu, respon investor ditentukan oleh hasil penilaian mereka terhadap kinerja perusahaan berdasarkan informasi dalam laporan keuangan. Manajemen berusaha mempengaruhi penilaian investor dengan memanfaatkan kecenderungan investor yang hanya terfokus pada informasi laba pada saat menilai kinerja perusahaan serta adanya informasi asimetri antara manajemen dan investor. Informasi asimetri tersebut mendorong manajemen melakukan earnings management dengan pola income increasing pada periode sebelum SEO agar laba yang dilaporkan terlihat tinggi. Earnings management tersebut akan mengakibatkan pembalikan akrual (accruals reverse) yang memaksa kinerja laba periode pasca SEO mengalami penurunan. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan apakah perusahaan melakukan earnings management dengan pola income increasing pada periode sebelum SEO, apakah kinerja laba pada periode pasca SEO lebih rendah dibandingkan kinerja laba periode sebelum SEO, dan apakah earnings management yang dilakukan pada periode sebelum SEO berpengaruh signifikan terhadap kinerja laba pasca SEO. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian sebanyak 40 emiten dari 69 emiten yang melakukan SEO pada tahun 1998-2004 dan masih terdaftar di Bursa Efek Jakarta tahun 2006. Data yang digunakan yaitu data laporan keuangan emiten. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa perusahaan yang melakukan SEO dengan mekanisme right issue pada tahun 1998-2004 dan masih terdaftar di Bursa Efek Jakarta tahun 2006 melakukan earnings management dengan pola income increasing pada periode sebelum SEO, kinerja laba periode pasca SEO secara statistik tidak lebih rendah dibandingkan kinerja laba periode sebelum SEO, dan terdapat pengaruh yang signifikan antara earnings management yang dilakukan pada periode sebelum SEO terhadap kinerja laba pasca SEO.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: earnings management, laba, SEO, Seasoned offering, right issue, income increasing, penurunan
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Faculty of Business and Economic > Department of Accounting
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 25 Mar 2015 03:37
Last Modified: 25 Mar 2015 03:37
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/23668

Actions (login required)

View Item View Item