Isolasi dan Skrining Bakteri Penghasil Enzim Amilase dari Sedimen Tanah Aliran Air Sumber Air Panas Taman Hutan Raya R. Soerjo Cangar-Batu Jawa Timur.

., Soemarsono (2005) Isolasi dan Skrining Bakteri Penghasil Enzim Amilase dari Sedimen Tanah Aliran Air Sumber Air Panas Taman Hutan Raya R. Soerjo Cangar-Batu Jawa Timur. [Undergraduate thesis]

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/150133

Abstract

Amilase merupakan suatu enzim yang dapat menghidrolisis pati. Amilase digunakan untuk mengatasi diare akut pada anak-anak dalam bentuk oral rehydration solution. Selain itu juga digunakan dalam industri makanan, industri minuman dan industri kertas. Oleh karena itu diusahakan untuk didapatkan isolat bakteri yang dapat menghasilkan enzim amilase. Sampel penelitian ini berupa tanah pada tempat pariwisata Cangar. Sampel diisolasi dan dilakukan skrining kemampuan menghasilkan amilase dilakukan dengan menggoreskan koloni bakteri pada medium yang mengandung pati jagung 2%. Dari penelitian ini didapatkan 11 macam koloni dan hanya koloni dengan kode T10 yang dapat menghasilkan enzim amilase. Hal ini ditunjukkan dengan daerah bening di sekeliling koloni pada media pati. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa telah diperoleh 1 isolat bakteri dalam tanah pada tempat pariwisata Cangar yang dapat menghasilkan enzim amilase.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Faculty of Pharmacy > Department of Pharmacy
Depositing User: Karyono
Date Deposited: 07 Apr 2015 02:50
Last Modified: 07 Apr 2015 02:50
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/23781

Actions (login required)

View Item View Item