Pembuatan Film Animasi 2 Dimensi

Kaseger, Cherry Yohanes (2008) Pembuatan Film Animasi 2 Dimensi. [Undergraduate thesis]

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/133436

Abstract

Di dalam sebuah buku terdapat pelajaran yang baik yang dapat di ambil oleh pembacanya. Ada beberapa orang yang lebih senang membaca buku, namun ada juga beberapa orang yang lebih senang melihat film daripada membaca buku. Namun bagi orang yang lebih senang untuk melihat film biasanya lebih malas untuk membaca buku, mereka lebih senang melihat film karena lebih senang cerita yang dapat dilihat oleh mata dan tanpa harus berpikir seperti orang yang membaca buku yang harus membayangkan tiap tokoh. Maka ada solusi bagi beberapa orang yang lebih senang melihat film tersebut yakni dengan cara membuatkan film animasi 2 dimensi dari buku tersebut. Film animasi 2 dimensi tersebut akan dibuat interaktif yakni orang yang menjalankan akan dapat menentukan pilihan ke arah mana cerita akan berlanjut agar orang yang menjalankan tidak akan cepat bosan dengan satu alur cerita saja melainkan seakan-akan ikut terlibat untuk menentukan akhir cerita. Dalam Tugas akhir ini dibuatlah program aplikasi multimedia interaktif berupa aplikasi yang dapat dijalankan pada komputer(Dekstop) dan aplikasi yang dapat dijalankan pada DVD player. Hal ini dilakukan agar user tidak terbatas dapat menyaksikan dan memainkan hanya pada komputer saja melainkan juga dapat dimainkan pada dvd player. Dalam implementasinya aplikasi ini menggunakan software Macromedia Flash 8 untuk membuat animasi, Adobe Photoshop CS2, Adobe ilustrator CS2 dan corelDRAW 12 untuk membuat dan mengedit gambar, Cool Edit Pro 2.0 untuk membuat dan mengedit suara, Camtasia 5.1 untuk merender film animasi dan Adobe Encore DVD 2.0 untuk proses pembuatan DVD interaktif. Aplikasi yang berisi film animasi 2 dimensi ini dapat berfungsi sebagai salah satu media penyampai pesan moral, solusi untuk orang yang tidak senang membaca buku namun ingin mengerti isi dari buku tersebut. Untuk pengembangan lebih lanjut dapat ditambahkan pengukur waktu dan pengukur suara yang tersedia pada panel ketika film berjalan dan adanya pemilihan beberapa karakter utama agar user tidak bosan

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: Animasi, 2 dimensi, pengukuran waktu dan suara, pesan moral
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatic
Depositing User: Eko Wahyudi 197013
Date Deposited: 07 Apr 2015 05:51
Last Modified: 07 Apr 2015 05:51
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/23804

Actions (login required)

View Item View Item