Aktivitas Penolak Serangga Ekstrak Etanol dan Fraksi Kloroform Daun Tembakau (Nicotiana Tabacum L.) secara Soxhletasi terhadap Kutu Beras (Calandra Oryzae L.)

Risetyowati, Gina Ayu (2009) Aktivitas Penolak Serangga Ekstrak Etanol dan Fraksi Kloroform Daun Tembakau (Nicotiana Tabacum L.) secara Soxhletasi terhadap Kutu Beras (Calandra Oryzae L.). [Undergraduate thesis]

[thumbnail of F_2784_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
F_2784_Abstrak.pdf

Download (45kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/131986

Abstract

Telah dilakukan penelitian aktivitas penolak serangga dari ekstrak etanol dan fraksi kloroform daun tembakau (Nicotiana tabacum L.) terhadap bioindikator kutu beras (Calandra oryzae L.). Pada penelitian ini, daun tembakau dikeringkan tanpa pengaruh sinar matahari, lalu dijadikan serbuk dan diayak dengan ayakan mesh 40. Ekstraksi secara soxhletasi dengan menggunakan pelarut etanol 96% selama 140 jam. Filtrat yang diperoleh dipekatkan menggunakan rotary evaporator dan selanjutnya diuapkan di waterbath sampai diperoleh ekstrak yang kental. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui konsentrasi yang dibutuhkan oleh ekstrak etanol dan fraksi kloroform dari daun tembakau yang memiliki aktivitas untuk menolak serangga. Hasil penelitian menunjukkan ekstrak etanol daun tembakau (Nicotiana tabacum L.) mempunyai aktivitas penolak serangga terhadap bioindikator kutu beras (Calandra oryzae L.) mulai konsentrasi 10% (b/v) dan fraksi kloroform dari ekstrak etanol daun tembakau (Nicotiana tabacum L.) mempunyai aktivitas penolak serangga mulai konsentrasi 0,4% (b/v).

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: Ekstrak Etanol, Kloroform, Daun Tembakau, Soxhletasi, Kutu Beras
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Faculty of Pharmacy > Department of Pharmacy
Depositing User: Users 147 not found.
Date Deposited: 09 Apr 2015 07:30
Last Modified: 09 Apr 2015 07:30
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/23910

Actions (login required)

View Item View Item