Studi Eksploratori Persepsi Pembaca Surat Kabar Jawa Pos Terhadap Sumber Pesan Iklan (Ratu) Mobil Merek Honda Jazz Vtec di Surabaya

Sudartiek, Herlyn (2006) Studi Eksploratori Persepsi Pembaca Surat Kabar Jawa Pos Terhadap Sumber Pesan Iklan (Ratu) Mobil Merek Honda Jazz Vtec di Surabaya. [Undergraduate thesis]

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/143821

Abstract

Pada dasarnya skripsi ini membahas tentang studi eksploratori persepsi pembaca surat kabar Jawa Pos terhadap sumber pesan iklan (Ratu) mobil merek Honda Jazz Vtec di Surabaya. Sumber pesan iklan yaitu karakter atau orang-orang tertentu yang membintangi suatu iklan untuk menyampaikan pesan iklan kepada pembaca. Elemen pengukuran sumber pesan iklan terdiri dari Visibility, Credibility, Attraction, Power. Sumber pesan iklan yang diteliti adalah Ratu. Hal ini dikarenakan Ratu adalah penyanyi pop-rock papan atas Indonesia dan merupakan model yang memiliki trendsetter musik Indonesia, unik, memiliki jiwa muda, memiliki eksistensi yang luar biasa. Serta sumber pesan iklan ini dianggap mampu memberikan kontribusi yang besar bagi mobil Honda Jazz Vtec dalam meningkatkan pangsa pasar mobil kelas hatchback. Iklan Honda Jazz Vtec tersebut di muat di Surat kabar Jawa Pos karena Koran Jawa pos merupakan yang paling bagus dan paling laku di Surabaya, karena isi dan mempunyai mutu yang bagus. Selain itu, cara penataan berita rapi dan lengkap. Jawa Pos memuat berita-berita lokal maupun intemasional. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi atau menggali lebih dalam tentang persepsi pembaca surat kabar Jawa Pos terhadap sumber pesan iklan (Ratu) mobil merek Honda Jazz Vtec di Surabaya Pada penelitian ini bersifat kualitatif eksploratori yang berdasarkan pada depth interview, diperoleh hasil sumber pesan iklan yang Visibility, Credibility, Attraction, Power. Dari hal tersebut, dapat diketahui bahwa persepsi pembaca surat kabar Jawa Pos terhadap sumber pesan iklan (Ratu) mobil merek Honda Jazz Vtec di Surabaya didasari oleh empat elemen, yaitu: 1. Visibility, Ratu dikenal oleh banyak orang, 2. Attraction, Ratu memiliki daya tarik 3. Credibility, yaitu kredibilitas Ratu terpercaya 4. Power, yaitu Ratu dapat mempengaruhi pembaca untuk membeli mobil merek Honda Jazz Vtec.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Business and Economic > Department of Management
Depositing User: Karyono
Date Deposited: 16 Apr 2015 06:33
Last Modified: 16 Apr 2015 06:33
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/23996

Actions (login required)

View Item View Item