Pengaruh Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Merek Teh Celup Sari Wangi di Surabaya

Priani, Silvia Eka (2009) Pengaruh Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Merek Teh Celup Sari Wangi di Surabaya. [Undergraduate thesis]

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/131924

Abstract

Meningkatkan loyalitas merek merupakan salah satu cara badan usaha dapat bertahan dalam lingkungan persaingan yang semakin ketat. Loyalitas merek adalah kecenderungan pelanggan mempunyai sikap yang positif terhadap suatu merek dan melakukan pembelian ulang terhadap merek tersebut secara berulang - ulang. terhadap suatu merek. Loyalitas merek dapat dibentuk melalui kepuasan pelanggan yang didapat pada saat mengkonsumsi suatu produk. Kepuasan pelanggan timbul apabila produk yang dikonsumsi pelanggan sesuai dengan harapan pelanggan. Kepuasan pelanggan perlu ditingkatkan karena kepuasan pelanggan merupakan salah satu dasar loyalitas pelanggan terhadap merek. Dengan demikian perlu bagi produsen untuk selalu memberikan yang terbaik bagi pelanggannya dibandingkan pesaing, selalu meningkatkan dan memelihara kepuasan pelanggannya agar pelanggan tetap loyal pada produk produsen dan tidak berpindah ke merek yang lain. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui, menganalisis, dan membuktikan adanya pengaruh kepuasan pelanggan terhadap loyalitas merek pada teh celup Sariwangi di Surabaya. Target populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang membeli dan mengkonsumsi teh celup Sariwangi lebih dari sekali dalam kurung waktu tiga bulan terakhir. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah non probability sampling dan jenis pengambilan sampel rnenggunakan convenience sampling. Skala pengukuran yang digunakan adalah skala semantic differential scale jenis monopolar. Hasil uji hipotesis menunjukkan kepuasan pelanggan berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas merek teh celup Sariwangi di Surabaya. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil pengujian hipotesis koefisien regresi (b) sebesar 0,860. Nilai tersebut mempunyai arti jika perubahan kepuasan pelanggan terhadap teh celup Sariwangi naik atau turun satu satuan skor persepsi, maka skor loyalitas merek terhadap teh celup Sariwangi akan naik atau turun sebesar 0,860 satuan skor persepsi. Dalam hal ini pengaruh yang terjadi adalah positif antara kepuasan pelanggan dengan loyalitas merek. Dengan demikian diketahui bahwa kepuasan pelanggan berpengaruh terhadap loyalitas merek teh celup Sariwangi di Surabaya. Rekomendasi yang diberikan yaitu sebaiknya pihak manajemen PT Unilever meningkatkan loyalitas merek teh celup Sariwangi dengan menambah varian rasa teh celup Sariwangi, mempertahankan kualitas produk teh celup Sariwangi dan mencantumkan penghargaan-penghargaan yang diperoleh teh celup Sariwangi dalam kemasan teh celup Sariwangi supaya konsumen lebih mengenal teh celup Sariwangi sebagai teh celup yang berkualitas tinggi.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: Kepuasan pelanggan, loyalitas merek
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Business and Economic > Department of Management
Depositing User: Karyono
Date Deposited: 16 Apr 2015 07:55
Last Modified: 16 Apr 2015 07:55
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/24032

Actions (login required)

View Item View Item