MODEL PENGELOLAAN EKOWISATA DENGAN METODE KEMITRAAN ANTARA WARGA, PERGURUAN TINGGI DAN PEMERINTAH DAERAH (CONTOH PENERAPAN DI DESA TANJUNGAN, KECAMATAN KEMLAGI KABUPATEN MOJOKERTO)

Styaningrum, idfi and Pudjibudojo, Jatie K. and Budhyantoro, Arief (2012) MODEL PENGELOLAAN EKOWISATA DENGAN METODE KEMITRAAN ANTARA WARGA, PERGURUAN TINGGI DAN PEMERINTAH DAERAH (CONTOH PENERAPAN DI DESA TANJUNGAN, KECAMATAN KEMLAGI KABUPATEN MOJOKERTO). In: National Conference : Promoting Harmony in Urban Community : A Multi-Perspective Approach, October 4th, 2012, Fakultas Psikologi, Universitas Surabaya.

[img] PDF
PROSEDING PSIKOLOGY UBAYA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only until 4 October 2022.

Download (8Mb) | Request a copy

Abstract

Pengembangan Ekowisata dengan contoh penerapan di Desa Tanjungan berbasis potensi Waduk Tanjungan dan Kekayaan alam desa Tanjungan, kecamatan Kemlagi kabupaten Mojokerto telah dilakukan melalui metode kemitraan universitas Surabaya (UBAYA), Pemkab Mojokerto dan Warga desa Tanjungan pada tahun 2010 hingga 2012. Pada program pengembangan ekowisata desa Tanjungan ini UBAYA berfungsi sebagai pendamping, fasilitator dan konsultan pembuatan dan pelaksanaan program. Pemkab Mojokerto berfungsi sebagai penyandang dana dan pendukung pengembangan fasilitas sarana dan prasarana fisik, sedangkan warga desa berfungsi sebagai pelaksana dan penerima program yang bersifat aktif dan partisipatif. Hasil dari program ini adalah terbentuknya wisata waduk Tanjungan, wisata pendidikan berbasis greenhouse dan pembenihan ikan nila, serta terbentuknya agrowisata buah kelengkeng di desa Tanjungan. Dampak dari program ini adalah berkembangnya usaha kecil warga yang dapat meningkatkan perekonomian warga dan perubahan sikap hidup dari warga desa Tanjungan dari sikap menunggu bantuan dan tergantung kepada pemkab Mojokerto menjadi sikap hidup yang “Aktif dan Partisipatif” dalam pelaksanaan program pembangunan desa. Model kemitraan ini sangat efektif dengan menempatkan masing-masing pihak pada fungsi yang berbeda namun saling mendukung tercapainya tujuan program pembangunan Ekowisata desa. Model pengelolaan ekowisata dengan model kemitraan dapat membuahkan sinergi yang sangat positif dalam optimalisasi pemberdayaan masyarakat baik di desa maupun di perkotaan. Pemberdayaan komunitas juga akan membangun sikap mental kreatif dan aktif, berkembangnya ekonomi masyarakat berbasis potensi alam, meningkatkan perbaikan ekonomi keluarga sebagai efek keterlibatan ibu rumah tangga, dan terberdayakannya generasi muda dalam aktifitas pembangunan di lingkungan.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Additional Information: ISBN : 978-602-18900-0-4
Uncontrolled Keywords: Ekowisata, Model Pengelolaan, Metode Kemitraan
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Chemical Engineering
Depositing User: Aries Budhyantoro 61142
Date Deposited: 06 May 2015 03:29
Last Modified: 06 May 2015 03:29
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/24047

Actions (login required)

View Item View Item