PENGARUH ADOPSI IFRS TERHADAP RELEVANSI NILAI PELAPORAN KEUANGAN PADA BADAN USAHA YANG TERDAFTAR DI BEI TAHUN 2010 DAN 2012

Hanjaya, Amelia and Yie Ke, Feliana and Eriandani, Rizky (2014) PENGARUH ADOPSI IFRS TERHADAP RELEVANSI NILAI PELAPORAN KEUANGAN PADA BADAN USAHA YANG TERDAFTAR DI BEI TAHUN 2010 DAN 2012. In: Konferensi Regional Akuntansi: Accounting for Welfare, 20-21 Mei 2014, Universitas Airlangga, Surabaya.

[img]
Preview
PDF
Pengaruh Adopsi IFRS_Abstrak_2014.pdf

Download (204Kb) | Preview
[img] PDF
AKPM109OK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (836Kb) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana pengaruh adopsi IFRS terhadap relevansi nilai informasi akuntansi di Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode regresi linear berganda. Relevansi nilai dapat diukur melalui hubungan statistik antara informasi yang disajikan oleh laporan keuangan dan harga pasar saham. Dalam banyak penelitian, Ohlson Model telah diadopsi untuk mengeksplorasi hubungan antara nilai pasar ekuitas dan dua variabel utama laporan keuangan , yaitu nilai buku ekuitas per lembar saham (mewakili neraca) dan laba per saham (mewakili laporan laba rugi). Penelitian ini akan membandingkan relevansi nilai informasi akuntansi dalam periode sebelum (2010) dan sesudah (2012) adopsi IFRS untuk perusahaan yang terdaftar di Indonesia karena Indonesia baru adopsi penuh IFRS pada tahun 2012. Penelitian ini tidak termasuk perusahaan yang beroperasi di sektor keuangan. Temuan menunjukkan bahwa adanya perbedaan relevansi nilai informasi akuntansi antara sebelum adopsi IFRS dan sesudah adopsi IFRS. Pengaruh signifikan negatif terhadap harga pasar saham dapat diartikan relevansi nilai informasi akuntansi book value per share dan earning per share mengalami penurunan setelah adopsi IFRS.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: IFRS, relevansi nilai, informasi akuntansi, pelaporan keuangan, Ohlson Model, Indonesia.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Faculty of Business and Economic > Department of Accounting
Depositing User: Yie Ke Feliana 3193
Date Deposited: 23 Apr 2015 04:09
Last Modified: 24 Jun 2015 04:57
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/24056

Actions (login required)

View Item View Item