Pembuatan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan dalam Pemilihan Tempat Wisata di Indonesia Berbasis web Menggunakan Metode Multi Atribute Global Inference of Quality (MAGIQ)

Setiawan, Angga Budhi (2015) Pembuatan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan dalam Pemilihan Tempat Wisata di Indonesia Berbasis web Menggunakan Metode Multi Atribute Global Inference of Quality (MAGIQ). [Undergraduate thesis]

[img]
Preview
PDF
TI_1745_Abstrak.pdf

Download (62Kb) | Preview
Official URL: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/237939

Abstract

Abstraksi – Berlibur adalah hal yang sangat menyenangkan. Banyak orang sebelum berlibur ke suatu tempat akan mencari informasi tentang suatu tempat wisata yang akan dijadikan sebagai tujuan wisata. Orang yang akan berlibur bisa mencari informasi di internet atau bisa datang ke tour travel hanya untuk sekedar bertanya tentang informasi suatu tempat wisata yang akan dikunjungi. Orang yang bertanya kepada suatu tour agent tentunya harus meluangkan waktu untuk pergi ke tempat tour travel tersebut, hal ini tentunya akan menghasbiskan waktu yang banyak. Meski pihak tour dapat mengirimkan data informasi yang diminta oleh pelanggan, tetap saja orang yang akan melakukan liburan bertanya kepada pihak tour travel. Permasalahannya adalah pihak tour dapat mengirimkan informasi yang banyak dan orang yang akan berlibur tidak dapat menentukan tujuan wisata karena informasi yang dikirimkan terlalu banyak. Untuk mengatasi itu maka dibuatlah website pemilihan tempat wisata menggunakan metode MAGIQ(Multi-Attribute Global Inference of Quality). Website ini dapat membantu menentukan tempat wisata dan akomodasi untuk tempat menginap. Hasil pemilihan ini berdasarkan kriteria yang telah diurutkan oleh orang yang akan berlibur. Orang yang berlibur juga dapat menentukan dana yang digunakan untuk menginap di suatu tempat wisata. Orang yang berlibur juga akan mengetahui total dana yang dikeluarkan untuk biaya transportasi ke tempat tujuan dan dana yang digunakan untuk menyewa tempat penginapan. Evaluasi dilakukan dengan cara membagikan kuesioner kepada 10 responden yang pernah mencari informasi tempat wisata. Berdasar hasil kuesioner tersebut diambil kesimpulan bahwa website yang dibuat telah memenuhi kebutuhan user.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: MAGIQ, tourist, website
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatic
Depositing User: Hari Subagijo 201031
Date Deposited: 29 Apr 2015 07:58
Last Modified: 29 Apr 2015 07:58
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/24136

Actions (login required)

View Item View Item