Perancangan Desain Permainan Anak Sebagai Pengenalan Makanan Sehat dan Fungsinya Bagi Tubuh

ATHINA, FRANSISCA (2015) Perancangan Desain Permainan Anak Sebagai Pengenalan Makanan Sehat dan Fungsinya Bagi Tubuh. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of DMP_106_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
DMP_106_Abstrak.pdf

Download (236kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/237857

Abstract

Masa anak-anak adalah masa yang paling penting untuk pertumbuhan dan perkembangan tubuh mereka. Karena itu mereka membutuhkan banyak nutrisi yang salah satunya didapatkan dari makanan sehat. Anak-anak banyak yang memilih-milih makanan, sehingga nutrisi yang didapatkan belum maksimal. Beberapa alasan adalah karena rasa yang kurang enak, bentuk yang aneh dan asing, dan juga mereka belum tahu jenis makanan sehat dan fungsinya untuk tubuh. Untuk membuat anak mengetahui jenis dan fungsi makanan sehat, orangtua dan guru sudah berusaha memberi pelajaran, tetapi kurang diperhatikan, dikarenakan cara yang digunakan kurang menarik. Permainan adalah salah satu sarana yang banyak digunakan untuk memberikan pelajaran pada anak-anak dengan cara yang menyenangkan. Sayangnya belum ada permainan yang membahas tentang makanan sehat dan fungsinya bagi tubuh. Untuk menjawab permasalahan tersebut, perancangan ini akan menggunakan metode kualitatif yang meliputi wawancara dan observasi langsung ke TK dan beberapa orang tua. Dari hasil pengolahan data tersebut didapatkan sebuah konsep desain educative food hero games to build active and socialize kids. Educative yaitu selain permainan menyenangkan dan menarik bagi anak-anak, tetapi juga memiliki nilai edukasi dan pembelajaran didalamnya. Active, yaitu agar anak-anak bisa bergerak aktif karena banyak permainan sekarang yang membuat anak hanya duduk diam seperti permainan di komputer, tablet, atau hp. Selain itu juga socialize, yaitu meningkatkan sosialisasi dengan teman sebayanya, karena permainan ini hanya bisa dimainkan oleh 2 orang atau lebih. Permainan ini terdiri dari karpet permainan dan roulette untuk menentukan bulatan yang harus dituju pada karpet permainan. Dilengkapi dengan kartu untuk level 2 dan juga buku manual untuk mempermudah memberi pelajaran bagi pendamping.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: Anak-anak, Makanan sehat dan fungsinya, Permainan
Subjects: N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Product Design and Management
Depositing User: Sugiarto
Date Deposited: 30 Apr 2015 07:17
Last Modified: 30 Apr 2015 07:18
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/24138

Actions (login required)

View Item View Item