Cara Ekstraksi Biji Srikaya (Annona squamosa L.) dan Daya Insektisidanya terhadap Bioindikator Kutu Beras (Calandra oryzae L.)

Perdana, Yan Putra (2009) Cara Ekstraksi Biji Srikaya (Annona squamosa L.) dan Daya Insektisidanya terhadap Bioindikator Kutu Beras (Calandra oryzae L.). [Undergraduate thesis]

[thumbnail of F_2878_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
F_2878_Abstrak.pdf

Download (32kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/131701

Abstract

Semakin banyaknya penggunaan insektisida sintetis dalam bidang pertanian dapat menimbulkan dampak negatif yang merugikan bagi manusia dan lingkungan. Penggunaan insektisida nabati dapat dijadikan alternatif pengganti insektisida sintetis. Pada penelitian ini, dilakukan uji daya insektisida terhadap ekstrak etanol biji srikaya hasil maserasi kinetik dan refluks terhadap bioindikator kutu beras. Tujuannya untuk mengetahui dan membandingkan daya insektisida ekstrak tersebut yang dilihat dari LC50. Dari hasil penelitian, diperoleh hasil ekstrak etanol biji srikaya yang dibuat dengan metode maserasi kinetik dan refluks memiliki daya insektisida terhadap bioindikator kutu beras dilihat dari nilai rata-rata LC50, untuk maserasi kinetik 72873,580 bpj sedangkan refluks 77476,545 bpj. Ekstrak etanol biji srikaya yang diekstraksi secara maserasi kinetik memiliki daya insektisida yang lebih besar dibandingkan ekstrak yang diekstraksi secara refluks.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: Ekstraksi Biji Srikaya, Insektisida, Bioindikator Kutu Beras
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Faculty of Pharmacy > Department of Pharmacy
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 04 May 2015 04:02
Last Modified: 04 May 2015 04:02
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/24170

Actions (login required)

View Item View Item