HARMOKO, LYDIA (2014) Studi Kasus Proses Sertifikasi ISO 9001:2008 di PT. X Surabaya. Masters thesis, University of Surabaya.
Preview |
PDF
MM_375_Abstrak.pdf Download (52kB) | Preview |
Abstract
Untuk meningkatkan loyalitas dan kepuasan pelanggan, perusahaan perlu meningkatkan kualitas produk atau jasa.Upaya yang dilakukan perusahaan adalah dengan meningkatkan sistem manajemen yang prima dengan ISO 9001:2008 yang merupakan suatu persyaratan internasional untuk sistem manajemen suatu perusahaan.Penelitian ini bertujuan untuk melihat aspek-aspek yang sudah memenuhi dan belum memenuhi klausul-klausul ISO 9001:2008. Dalam hal ini PT. X telah mencanangkan untuk melakukan pembenahan di dalam sistem manajemennya di dalam mencapai tujuan perusahaan. PT. X adalah bridal di Surabaya yang sudah berkecimpung lama dibidang fashion yang saat ini ingin merancang sistem manajemen mutu dengan mengadopsi sistem manajemen internasional yaitu standar ISO 9001:2008, dengan harapan bahwa sistem manejemennya menjadi tertata rapi dan terkendali sehingga siap untuk memasuki era kompetisi dengan perusahaan lainnya. Tujuan studi ini bertujuan untuk mengetahui sudah sejauh mana PT. X saat ini dalam proses sertifikasi ISO 9001:2008 yang tercermin dari perilaku manajemen puncak dan karyawan. Digunakan pendekatan interpretive. Dengan menggunakan paradigma interpretive, kita dapat melihat fenomena dan menggali pengalaman dari objek penelitian itu sendiri. Penelitian ini bersifat eksplorasi (exploratory), di mana dengan keterlibatan langsung peneliti dalam pengumpulan data, wawancara, dan observasi dapat menambah pemahaman dan wawasan peneliti mengenai proses keputusan adopsi produk baru yang dapat menjawab permasalahan penelitian. Hasil penelitian ini adalah dapat mengetahui persepsi dan persiapan manajemen puncak, manajemen menengah, maupun karyawan tentang ISO 9001:2008; mengetahui kemampuan dan kemauan seluruh partisipan perusahaan dalam mempersiapkan diri untuk memperoleh sertifikasi ISO 9001:2008; serta mengetahui hal apa saja yang dilakukan perusahaan untuk mempersiapkan diri dalam perolehan sertifikasi ISO 9001:2008.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | quality management system, quality proceduresm ISO 9001:2008 |
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Postgraduate Programs > Master Program in Management |
Depositing User: | Eko Wahyudi 197013 |
Date Deposited: | 05 May 2015 07:37 |
Last Modified: | 21 Sep 2015 09:04 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/24197 |
Actions (login required)
View Item |