Studi Deskriptif Tentang Kualitas Layanan di Apotek Rumah Sakit Umum Haji Surabaya

Nurmalasari, Agustina Devi (2008) Studi Deskriptif Tentang Kualitas Layanan di Apotek Rumah Sakit Umum Haji Surabaya. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of F_2600_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
F_2600_Abstrak.pdf

Download (46kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/133491

Abstract

Kepuasan pelanggan adalah seluruh sikap dari pelanggan setelah memperoleh dan menggunakan suatu layanan. Apabila layanan yang diterima oleh pelanggan itu baik maka pelanggan akan puas, begitu pula jika layanan yang diterima tidak baik maka pelanggan tidak puas. Salah satu faktor yang mempengaruhi kepuasan pelanggan adalah kualitas layanan. Oleh karena itu, bagi apotek dirasa perlu untuk mengukur kualitas layanan agar bisa memuaskan pelanggannya. Kualitas layanan menurut Parasuraman terdiri dari lima dimensi, yaitu: reliability, responsiveness, tangible, empathy dan assurance. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas layanan di apotek Rumah Sakit Haji Surabaya berdasarkan atas lima dimensi tersebut. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif yang dianalisis secara deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pasien yang membeli obat di apotek yang berusia diatas 17 tahun. Teknik sampling menggunakan purposive sampling. Data yang diambil dengan menggunakan metode survey dengan alat ukur berupa kuesioner menggunakan skala likert 4 tingkat. Analisis data yang dipakai adalah analisa deskriptif. Dari hasil penelitian menunjukkan 51% pasien subyek penelitian menilai kualitas layanan apotek baik. Sebanyak 79% pasien subyek penelitian menilai reliability baik, 68% pasien subyek penelitian menilai responsiveness baik, 84% pasien subyek penelitian menilai tangible baik, 86% pasien subyek penelitian menilai empathy baik, 92% pasien subyek penelitian menilai assurance juga sudah baik.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: Kualitas Layanan, servise Quality, reliability, responsiveness, Tangible, Assurance, empathy, apotek
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Faculty of Pharmacy > Department of Pharmacy
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 11 May 2015 03:16
Last Modified: 11 May 2015 03:16
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/24259

Actions (login required)

View Item View Item