Pengaruh Logo Terhadap Corporate Image Stasiun Televisi Global TV Berdasarkan Persepsi Pemirsa Surabaya

Rahmawati, Dewi (2007) Pengaruh Logo Terhadap Corporate Image Stasiun Televisi Global TV Berdasarkan Persepsi Pemirsa Surabaya. [Undergraduate thesis]

[img]
Preview
PDF
M_4315_Abstrak.pdf

Download (76Kb) | Preview
Official URL: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/134361

Abstract

Sejak tahun 2004, dunia bisnis Indonesia diwarnai dengan fenomena perubahan-perubahan logo pada perusahaan-perusahaan besar Indonesia. Dimulai dari 2004, terdapat 3 perusahaan besar di dunia perbankan yaitu BII, Bank Danamon, dan BNI yang mengganti logo perusahaannya, diikuti dengan Pertamina, Unilever, Bulog, Indosat, XL, dan SCTV. Pada dasarnya, perusahaan-perusahaan ini mengganti logonya karena ingin menunjukkan kepada masyarakat bahwa mereka tidak seperti dulu. Perusahaan telah berubah dan tentu saja menjadi lebih baik. Pertamina, Indosat, dan BNI menyatakan bahwa logo mereka berubah agar mendapatkan image baru di masyarakat. Perubahan logo banyak terjadi pula di sektor pertelevisian. Salah satunya adalah stasiun televisi Global TV. Global TV adalah stasiun televisi ini yang terakhir melakukan perubahan logo (saat penelitian ini dimulai) yang mengharapkan tercipta corporate image yang berkaitan dengan anak-anak, remaja, dan orang yang berjiwa muda di dalam benak masyarakat melalui logo barunya. Selain itu, jika dilihat dengan membandingkan logo Global TV lama dengan logo barunya, maka dapat terlihat terjadi perbedaan yang besar dilihat dari bentuk dan warna dibandingkan perubahan logo pada stasiun televisi yang lain. Lalu benarkah logo dapat mempengaruhi corporate image? Skripsi ini meneliti apakah terdapat pengaruh logo terhadap corporate image Global TV berdasarkan persepsi pemirsa Surabaya. Berdasarkan hasil pengujian dan analisis yang yang telah dilakukan, maka dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara logo terhadap corporate image Global TV. Hal ini dibuktikan dengan tingkat signifikan untuk koefisien regresi (b) di bawah 0,05 atau 5%. Besarnya pengaruh koefisien regresi adalah 0, 72 artinya apabila persepsi terhadap logo Global TV naik satu satuan, maka corporate image terhadap Global TV naik sebesar 0, 72. Sehingga terbukti bahwa logo berpengaruh terhadap corporate image stasiun televisi Global TV berdasarkan persepsi pemirsa Surabaya.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: Logo, corporate image, stasiun televisi
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Business and Economic > Department of Management
Depositing User: Karyono
Date Deposited: 11 May 2015 06:30
Last Modified: 11 May 2015 06:30
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/24266

Actions (login required)

View Item View Item