Perancangan Balanced Scorecard Learning and Growth Perspective dalam Rangka Menciptakan Alignment di PT XYZ Sidoarjo

Counus, Go Peter (2007) Perancangan Balanced Scorecard Learning and Growth Perspective dalam Rangka Menciptakan Alignment di PT XYZ Sidoarjo. [Undergraduate thesis]

[img]
Preview
PDF
AK_2145_Abstrak.pdf

Download (71Kb) | Preview
Official URL: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/152675

Abstract

Peluang bisnis dalam industri baja yang semakin membaik membuat tingkat persaingan semakin bertambah. Hal ini dikarenakan banyaknya perusahaan-perusahaan dalam industri baja yang terns mengembangkan proses bisnisnya sehingga mampu menciptakan competitiveness diantara pesaing lainnya. Oleh karena itu, tiap perusahaan harus mempersiapkan diri dalam menghadapi persaingan yang semakin terbuka tersebut. Pada PT XYZ, salah satu perusahaan baja yang memiliki impian untuk dapat menjadi market leader dalam persaingan industri baja, berupaya untuk menciptakan competitiveness dalam perusahaan, dan kemudian diberikan usulan perancangan Balanced Scorecard pada PT XYZ. Hal tersebut dilakukan dengan tujuan menciptakan alignment pada human capital perusahaan. Melalui perancangan Balanced Scorecard terse but, perusahaan berusaha memetakan strategi melalui rancangan Strategy Maps, sehingga PT XYZ bisa mengetahui dan menghubungkan semua strategi yang ada dengan visi dan misi. Hal ini terkait dengan bagaimana perusahaan dapat menciptakan efisiensi dari proses bisnis yang ada. Disadari bahwa kesuksesan suatu perusahaan ditentukan, salah satunya yang cukup berperan penting, yaitu dari kualitas dan kesiapan sumber daya manusia yang dimiliki dalam menerapkan strategi. Akan sia-sia strategi hebat yang dimiliki perusahaan jika tidak sesuai penerapanya dengan visi dan misi perusahaan. Dengan adanya Strategy Maps tersebut, selain menggambarkan hubungan strategi yang ada antar perspektif, juga digunakan untuk mengidentifikasikan kebutuhan sumber daya manusia. Adanya identifikasi kebutuhan sumber daya manusia tersebut akan dibandingkan dengan keberadaan yang dimiliki perusahaan. Apabila ada gap, maka perusahaan harus berusaha menutup gap tersebut, sehingga tercipta alignment antara human capital dengan strategi perusahaan. Adapun strategi perusahaan tersebutjuga sudah harus align dengan visi dan misi perusahaan.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Faculty of Business and Economic > Department of Accounting
Depositing User: Hari Subagijo 201031
Date Deposited: 27 May 2015 07:34
Last Modified: 27 May 2015 07:34
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/24452

Actions (login required)

View Item View Item