HOUSE OF MUSHROOMS SEBAGAI WAHANA !NOVAS! DAN PENGEMBANGAN JAMUR EDIBEL SERTA PRODUK OLAHANNYA BAGI PEMBERDAYAAN MASYARAKAT TRAWAS-MOJOKERTO DAN SEKITARNYA

Purwanto, Maria Goretti Marianti and Pantjajani, Tjandra and Askitosari, Theresia Desy (2014) HOUSE OF MUSHROOMS SEBAGAI WAHANA !NOVAS! DAN PENGEMBANGAN JAMUR EDIBEL SERTA PRODUK OLAHANNYA BAGI PEMBERDAYAAN MASYARAKAT TRAWAS-MOJOKERTO DAN SEKITARNYA. Technical Report. Fakultas Teknobiologi Universitas Surabaya, Surabaya.

[img]
Preview
PDF
House of Mushrooms_Abstract_2014.pdf

Download (366Kb) | Preview

Abstract

Jamur edibel memiliki kandungan protein yang tinggi, rendah lemak, dan mengandung vitamin serta mineral. Sehingga secara nilai gizi jamur dapat dimanfaatkan sebagai sumber protein altematif. Sementara itu, daerah Trawas yang sejuk dan alami berpotensi untuk dikembangkan sebagai sentra jamur dan pengolahannya menjadi produk-produk pangan sekaligus tempat edukasi dan wisata kuliner jamur. Melalui budidaya dan wisata jamur, diharapkan juga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat di daerah Trawas, dan dapat menjadi sarana edukasi kepada masyarakat luas mengenai ragam jenis dan produk olahan jamur edibel. Penelitian tahun pertama ini upaya difokuskan pada pengembangan varietas jamur yang dibudidayakan di UTC Trawas dan pengembangan produk-produk olahan jamur edible inovasinya. Jenis jamur yang telah dikembangkan antara lain: jamur tiram putih, tiram coklat, tiram biru, shitake, kuping, shimeji, king oyster, dan ling zhi. Sedangkan produk jamur yang telah diinisiasi adalah "Show It with Mushroom", dendeng jamur, abon jamur, sosis jamur, nugget jamur, mie jamur, bakwan jamur, permen, sirup dan manisan jamur, yang masih akan dilanjutkan ke tahap optimasi kualitas. Hasil akhir yang diharapkan dari penelitian ini adalah dihasilkannya produkproduk jamur edibel in<!vatif serta diperolehnya suatu sistem budidaya, pengolahan dan distribusilpemasaran jamur edibel yang berlcesinambungan serta bermanfaat bagi sektor ekonomi, pariwisata, dan edukasi masyarakat secara nasional.

Item Type: Monograph (Technical Report)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Faculty of Technobiology > Department of Biology
Depositing User: Eko Setiawan 194014
Date Deposited: 03 Jun 2015 04:33
Last Modified: 03 Jun 2015 04:33
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/24509

Actions (login required)

View Item View Item