PENGARUH LAMA PENYIMPANAN EKSTRAK ETANOL 80% RIMPANG LENGKUAS MERAH [LANGUAS GALANGA (L.) STUNTZ] YANG TELAH DILARUTKAN KEMBALI TERHADAP DAY A ANTIMIKROBA PADA ESCHERICHIA COLI A TCC 23922 DAN PROFIL KOMPONEN MINYAKATSIRINYA

Wahjudi, Mariana and Irasandy, Sriwahyuni and Palupi, Sajekti (2004) PENGARUH LAMA PENYIMPANAN EKSTRAK ETANOL 80% RIMPANG LENGKUAS MERAH [LANGUAS GALANGA (L.) STUNTZ] YANG TELAH DILARUTKAN KEMBALI TERHADAP DAY A ANTIMIKROBA PADA ESCHERICHIA COLI A TCC 23922 DAN PROFIL KOMPONEN MINYAKATSIRINYA. In: SEMINAR NASIONAL XXV TUMBUHAN OBAT INDONESIA, 2 7 • 28 April 2004, Tawangmangu Karanganyar, Jawa Tengah.

[img]
Preview
PDF
seminar nasional xxv.pdf

Download (345Kb) | Preview

Abstract

Berdasarkan pengamatan tambahan selama penelitian dengan berbagai tanaman obat (Quisqualis indica, Curcuma xanthorrhiza dan Murraya paniculata) diketahui bahwa ekstrak etanol yang dilarutkan kembali dan disimpan pacta umumnya mengalami penurunan daya antimikrobanya. Untuk lebih membuktikan fenomena tersebut dilakukan penelitian ini yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh penyimpanan ekstrak etanol 80% rimpang lengkuas merah [Languas galanga (L.) Stuntz] yang telah dilarutkan kembali terhadap daya antimikroba pacta bakteri Escherichia coli ATCC 23922 serta profil komponen minyak atsirinya secara kromatografi lapis tipis (KLT) - Spektrofotodensitometri. Ekstrak kefltal rimpang lengkuas merah dibuat dengan cara perkolasi menggunakan etanol 80% sebagai larutan penyari. Larutan ekstrak etanol (baik yang disimpan maupun yang dibuat baru), diuji daya antimikrobanya tiap minggu selama empat minggu penyimpanannya dengan metode difusi agar menggunakan cylinder cup. Dari penelitian ini didapatkan bahwa daya antimikroba larutan ekstrak etanol yang disimpan lebih kecil bila dibandingkan dengan larutan ekstrak yang baru dibuat. Selama empat minggu penyimpanan, daya antimikroba larutan ekstrak menurun dengan semakin bertambahnya waktu penyimpanan sedangkan daya antimikroba larutan ekstrak yang dibuat baru tidak berubah. Profil KL T -Spektrofotodensitometri komponen minyak atsiri dari larutan ekstrak etanol rimpang lengkuas merah menunjukkan terjadinya perubahan komposisi kualitatifkomponen penyusun minyak atsirinya selama penyimpanan larutan.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: ekstrak etanol 80%, rimpang lengkuas merah [Languas galanga (L.) Stuntz], pengaruh penyimpanan ekstrak etanol yang telah dilarutkan kern bali.
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Faculty of Pharmacy > Department of Pharmacy
Depositing User: Eko Setiawan 194014
Date Deposited: 10 Jun 2015 02:31
Last Modified: 10 Jun 2015 02:31
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/24578

Actions (login required)

View Item View Item