SIMULASI PENILAIAN OPTIONS DENGAN MENGGUNAKAN BLACK-SCHOLES MODEL TERHADAP SAHAM-SAHAM INDEKS LQ 45 PERIODE FEBRUARI-JULI 2OO2

Mahdi, Faris and Wijaya, Liliana Inggrit (2003) SIMULASI PENILAIAN OPTIONS DENGAN MENGGUNAKAN BLACK-SCHOLES MODEL TERHADAP SAHAM-SAHAM INDEKS LQ 45 PERIODE FEBRUARI-JULI 2OO2. Other. LPPM Universitas Surabaya, Universitas Surabaya. (Submitted)

[img]
Preview
PDF
Mahdi_Simulasi Penilaian_Abstract_2003.pdf

Download (46Kb) | Preview
[img] PDF
Mahdi_Simulasi Penilaian_2003.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2015Kb) | Request a copy
[img]
Preview
PDF
Mahdi_Simulasi Penilaian_Reference_2003.pdf

Download (48Kb) | Preview

Abstract

Options banyak diperdagangkan di berbagai bursa di berbagai negara (Ahn et all, 1999, Summa, 2002a). Investor berminat melakukan perdagangan options karena sifat options yang dapat digunakan sebagai alat lindung nilai (hedging). Namun di Indonesia, khususnya di Bursa Efek Jakarta (BEJ) belum memperdagangkan options. Penelitian ini mengungkapkan karakteristik options sebagai instrumen derivatif yang dapat digunakan sebagai alat lindung nilai investasi pada saham yaitu saham yang termasuk dalam ILQ 45 di BEJ dengan menggunakan Black-Scholes Model dalam bentuk simulasi. Permasalahan yang diajukan adalah tentang karakteristik options sebagai alat lindung nilai. Selanjutnya, penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan bukti empiris bahwa options dapat digunakan sebagai alat lindung nilai atas saham, khususnya saham Indeks LQ 45. Black-Scholes Model dapat diintepretasikan sebagai satu unit options bernilai sama dengan portfolio yang terdiri dari N(d1) unit aset dasar dan N(d2)unit pinjaman sebesar nilai tunai dari harga patokan untuk mengetahui harga pasar options dengan Black-Scholes Model. Call options dapat digunakan apabila harga pasar saham saat jatuh tempo diatas strike price. Sebaliknya jika harga pasar saham saat jatuh tempo dibawah strike price, maka call options tidak dieksekusi. Sedangkan put options akan menyebabkan kerugian sebesar premi put options pada saat harga jatuh tempo sama atau lebih besar dari harga pasar saham. Dengan demikian, saat harga pasar saham lebih besar dari harga jatuh tempo, maka call options dapat dieksekusi, sedangkan call options dibiarkan kadaluarsa. Namun, jika harga saham lebih kecil dari harga jatuh tempo, maka put options dapat dieksekusi, sedangkan call options dibiarkan kadaluarsa. Penelitian ini berhasil mengungkapkan bahwa options mampu mencegah kerugian investasi terhadap saham, khususnya dalam penelitian ini adalah saham-saham yang tergabung dalam Indeks LQ 45 periode Februari - Juli 2002. Maka, dengan menyertakan options dalam perdagangan saham akan mampu melindungi (hedge) investor dari kerugian yang besar.

Item Type: Monograph (Other)
Uncontrolled Keywords: Black-Scholes Model, Saham, Hedging
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Business and Economic > Department of Management
Depositing User: Karyono
Date Deposited: 21 Mar 2012 07:21
Last Modified: 13 Apr 2012 06:14
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/246

Actions (login required)

View Item View Item