Studi Pengaruh Penerapan Corporate Governance Terhadap Credit Rating Pada Badan Usaha Go Public Yang Masuk Dalam IBMD Dan Terdaftar Di BEI Periode 2009-2013

Tulus, Samuel and Andono, Fidelis Arastyo and Feliana, Yie Ke (2015) Studi Pengaruh Penerapan Corporate Governance Terhadap Credit Rating Pada Badan Usaha Go Public Yang Masuk Dalam IBMD Dan Terdaftar Di BEI Periode 2009-2013. In: Asia Pacific Conference on Accounting and Finance, 11-12 Juni 2015, Bali.

[thumbnail of Studi Pengaruh Penerapan Samuel_Fidelis_Yie Ke FULL PAPER.pdf] PDF
Studi Pengaruh Penerapan Samuel_Fidelis_Yie Ke FULL PAPER.pdf

Download (1MB)
Official URL / DOI: http://apcaf.ub.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dampak dari penerapan Corporate Governance (CG) pada “credit rating” perusahaan. Penelitian ini menggunakaan pendekatan kuantitatif dengan metode ordinal logistic regression. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah badan usaha yang masuk dalam IBMD dan terdaftar di BEI pada periode 2009 – 2013. Corporate governaance dalam penelitian ini diukur berdasarkan Board Size, Outside Directors, Institutional Ownership, Board Ownership, dan Timeliness. Pengukuran Credit Rating dalam penelitian diambil dari peringkat Company Rating/General Obligation Rating perusahaan di Pefindo. Faktor pengendali dari penelitian diukur dari Assets, Leverage, dan ROA. Temuan pada penelitian ini menunjukkan bahwa corporate governance tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap credit rating perusahaan. Pengaruh signifikan terlihat pada dua faktor pengendali dalam penelitian yaitu Assets dan ROA. Kata Kunci : Corporate Governance, Credit Rating, Bond Holder, dan Agency Conflict.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Corporate Governance, Credit Rating, Bond Holder, dan Agency Conflict
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Faculty of Business and Economic > Department of Accounting
Depositing User: Yie Ke Feliana 3193
Date Deposited: 15 Jun 2015 01:42
Last Modified: 28 Jan 2022 07:44
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/24636

Actions (login required)

View Item View Item