MODEL OPTIMASI MULTI OBJECTIVE UNTUK PERENCANAAN PERSEDIAAN MULTI PRODUK DARI MULTI SUPPLIER DENGAN MEMPERHATIKAN DUE DATE

Prayogo, Dina Natalia (2012) MODEL OPTIMASI MULTI OBJECTIVE UNTUK PERENCANAAN PERSEDIAAN MULTI PRODUK DARI MULTI SUPPLIER DENGAN MEMPERHATIKAN DUE DATE. In: Seminar Nasional Teknik Industri 2012, 28 Juni 2012, Universitas Trisakti Jakarta.

[thumbnail of Prayogo_Model Optimasi_Abstrak_2012.pdf]
Preview
PDF
Prayogo_Model Optimasi_Abstrak_2012.pdf

Download (24kB) | Preview
[thumbnail of Prayogo_Model Optimasi_2012.pdf]
Preview
PDF
Prayogo_Model Optimasi_2012.pdf

Download (165kB) | Preview

Abstract

Makalah ini membahas pengembangan model optimasi untuk perencanaan persediaan multi-produk yang dipasok dari beberapa supplier yang memiliki performansi berbeda-beda. Performansi supplier yang dipertimbangkan adalah harga beli, biaya pemesanan, leadtime pengiriman, dan kualitas tiap jenis produk yang dipasok. Penentuan keputusan optimal jumlah pembelian mempertimbangkan duedate kebutuhan tiap jenis produk selama periode perencanaan. Penerapan Fuzzy Goal Integer Programming dilakukan untuk meminimumkan total biaya persediaan selama periode perencanaan, memaksimalkan total jumlah produk berkualitas baik serta meminimumkan total biaya pinalti akibat pengiriman yang terlalu cepat maupun terlambat dari due date. Oleh karena tidak cukup informasi dan akurasi data kapasitas suplai tiap jenis produk dari setiap supplier, maka kapasitas supplier dimodelkan dengan menggunakan triangular fuzzy memberships. Suatu ilustrasi numerik digunakan untuk memvalidasi dan menganalisis hasil pengembangan model optimasi multi-objective yang diusulkan.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Perencanaan persediaan, due date, fuzzy multi objective.
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T201 Patents. Trademarks
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: Dina Natalia Prayogo 6144
Date Deposited: 23 Jun 2015 04:22
Last Modified: 23 Jun 2015 04:22
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/24702

Actions (login required)

View Item View Item