Efek Tapak Liman (Elephantopus scaber L.) dalam Meningkatkan Batas Nyeri pada Tikus (Rattus norwegiens) dengan Metode Paw Pressure Test

Rengga, Maria Philomena Erika (2008) Efek Tapak Liman (Elephantopus scaber L.) dalam Meningkatkan Batas Nyeri pada Tikus (Rattus norwegiens) dengan Metode Paw Pressure Test. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of F_2602_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
F_2602_Abstrak.pdf

Download (44kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/133493

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui efek Tapak Liman (Elephantopus scaber L.) dalam meningkatkan ambang batas nyeri pada tikus (Rattus norwegiens). Metode yang digunakan adalah Paw Pressure Test dengan alat Paw Pressure Digital Modifikasi dimana prinsip kerjanya adalah telapak kaki tikus dijepit dan diberi tekanan (gram) dengan bobot tertentu. Dalam penelitian ini, hewan uji dibagi menjadi tiga kelompok: kelompok uji diberi larutan Tapak Liman konsentrasi 2,4% (24 mg/ml) dengan dosis 324 mg/kg BB; kelompok kontrol diberi aquadem dengan volume pemberian 13,5 ml/kg BB; dan kelompok pembanding diberi larutan asetosal dengan dosis 80 mg/kg BB. Semua bahan diberikan per oral. Berdasarkan analisis data secara statistik disimpulkan larutan Tapak Liman (Elephantopus scaber L.) yang diberikan pada tikus (Rattus norwegiens) dengan dosis 324 mg/kg BB memiliki kemampuan dalam meningkatkan ambang batas nyeri tikus sehingga dapat mengurangi rasa nyeri yang diinduksi pada telapak kaki tikus. Larutan Tapak Liman ini memiliki efek dalam meningkatkan ambang batas nyeri yang lebih besar dari larutan asetosal dengan dosis 80 mg/kg BB.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: Analgesik, Tapak Liman (Elephantopus scaber L.), Paw Pressure test
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Faculty of Pharmacy > Department of Pharmacy
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 24 Jun 2015 05:28
Last Modified: 24 Jun 2015 05:28
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/24717

Actions (login required)

View Item View Item