Elisa, Maria (1990) Studi Korelasi Antara Reaksi Agresif Dan Frekuensi Menonton Video Jenis Film Kekerasan Pada Anak Anak Kelas I Dan Kelas II SD I Petra Surabaya. [Undergraduate thesis]
Preview |
PDF
P_28_Abstrak.pdf Download (83kB) | Preview |
Abstract
Reaksi agresif merupakan bagian dari sifat hakiki manusia. Oleh karena itu manusia terus menerus bertingkah laku agresif satu sama lain~ mulai dari perkelahian anakanak sampai perang dunia. Adapun yang dimaksud dengan reaksi agresif adalah suatu tindakan yang ditujukan untuk melukai atau mencelakakan manusia, binatang atau objek, yang dilakukan baik secara verbal maupun secara performance. Reaksi agresif dipengaruhi oleh beberapa faktor, di antaranya adalah frekuensi menonton video jenis film kekerasan. Seseorang yang sering menonton film-film kekerasan (seperti film silat, film action dan film robot), akan melakukan tingkah laku yang mirip dengan tingkah laku aktor yang dilihatnya di film. Kenurut Bandura, hal ini disebabkan karena pada dasarnya tingkah laku manusia diperoleh karena meniru tingkah laku model, baik model nyata maupun model yang dilihatnya di film. Sehubungan dengan hal tersebut, penulis tertarik untuk meneliti antara reaksi agresif dan frekuensi menonton video jenis film kekerasan. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah anak-anak kelas I dan kelas II SO I Petra Surabaya yang berjumlah 197 orang. Dalam penelitian ini menggunakan total population study. Kelalui cara tersebut diperoleh sampel sebanyak 117 orang. Pengumpulan data dengan metode angket, yang mengungkap reaksi agresif, frekuensi menonton video jenis film kekerasan, pola asuh dan jenis kelamin. Ketode penelitian yang digunakan adalah metode cross sectional. ...
Item Type: | Undergraduate thesis |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Faculty of Psychology > Department of Psychology |
Depositing User: | Masyhur 196042 |
Date Deposited: | 30 Jun 2015 02:59 |
Last Modified: | 30 Jun 2015 02:59 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/24777 |
Actions (login required)
View Item |