Marwadiah, Zofa (2008) In-Ad Presenter (Tukul Arwana): Dampaknya Terhadap Brand Attitude Jamu Amurat Berdasarkan Tanggapan Pemirsa Televisi di Surabaya. [Undergraduate thesis]
Preview |
PDF
M_4339_Abstrak.pdf Download (89kB) | Preview |
Abstract
Pada era hypercompetition saat ini, perusahaan tidak lagi menonjolkan sisi kualitas produk sebagai andalan, tetapi perusahaan lebih menonjolkan sisi merek sebagai media untuk memperoleh keuntungan. Agar merek dikenal oleh konsumen, maka merek dikomunikasikan melalui media iklan. Iklan yang semakin banyak bermunculan di stasiun televisi, membuat konsumen seolah-olah 'dipaksa' untuk menerima berbagai informasi diluar kemampuannya. Oleh karena itu sekarang ini banyak perusahaan yang memanfaatkan selebritis sebagai juru komunikasi atau bintang iklan produknya dengan tujuan untuk mengangkat awareness dan mendongkrak penjualan. Hal inilah yang telah dilakukan oleh PT Nyonya Meneer dalam mempromosikan produk barunya yaitu Jamu Amurat, dimana PT Nyonya Meneer menggandeng Tukul Arwana sebagai bintang iklannya. Menurut sumber dari Humas PT Nyonya Meneer, menyatakan bahwa sejak penayangan iklan Jamu Amurat yang dibintangi oleh Tukul Arwana,penjualan jamu Amurat meningkat hingga 348%. Sedangkan berdasarkan hasil sigi awal dapat dinyatakan adanya indikasi yang positif antara in-ad presenter dengan brand attitude, dimana semakin menarik persepsi terhadap in-ad presenter, maka Jamu Amurat semakin disukai. Oleh karena itu berdasarkan fakta tersebut dapat dirumuskan permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah in-ad presenter (Tukul Arwana) berpengaruh terhadap brand attitude Jamu Amurat berdasarkan tanggapan pemirsa televisi di Surabaya. Konsep yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsep in-ad presenter menurut Rossiter & Percy dan konsep brand attitude menurut Batra, Aaker & Myers. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori mengenai pengaruh in-ad presenter terhadap brand attitude yang dikemukakan oleh Rossiter & Percy. In-ad presenter dapat diukur dari tempat karateristik, yaitu: visibility, credibility, attraction, dan power. Sedangkan brand attitude dapat diukur dari enam atribut, yaitu: packaging,color, rice, quality, brand, dan reputation of seller. Setelah dilakukan pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner, pengolahan data melalui regresi linier sederhana dan koefisien determinasi,pengujian hipotesis melalui uji t, dan menganalisis data, maka dalam penelitian ini dapat ditarik konklusi bahwa temyata in-ad presenter (Tukul Arwana) mempengaruhi secara signifikan sebesar 0, 731 terhadap brand attitude Jamu Amurat berdasarkan tanggapan pemirsa televisi di Surabaya.
Item Type: | Undergraduate thesis |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | In ad presenter, brand attitute, jamu amurat, pemirsa televisi |
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Faculty of Business and Economic > Department of Management |
Depositing User: | Users 147 not found. |
Date Deposited: | 30 Jun 2015 05:12 |
Last Modified: | 30 Jun 2015 05:12 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/24784 |
Actions (login required)
View Item |