Studi Tentang Perbedaan Kematangan Sosial Anak Laki-Laki Dan Anak Perempuan Kelompok B Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina Propinsi Jawa Timur Surabaya Dengan Mengontrol Inteligensi Dan Memperhatikan Urutan Anak dalam Keluarga

Kosasih, Cunawati (1993) Studi Tentang Perbedaan Kematangan Sosial Anak Laki-Laki Dan Anak Perempuan Kelompok B Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina Propinsi Jawa Timur Surabaya Dengan Mengontrol Inteligensi Dan Memperhatikan Urutan Anak dalam Keluarga. [Undergraduate thesis]

[img]
Preview
PDF
P_95_Abstrak.pdf

Download (76Kb) | Preview
Official URL: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/143647

Abstract

Cunawati Kosasih (1993), judul penelitian ini adalah Studi Tentang Perbedaan Kematangan Sosial Anak Laki-Laki Dan Anak Perempuan Kelompok B Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina Propinsi Jawa Timur Surabaya Dengan Mengontrol Inteligensi dan Memperhatikan Urutan Anak Dalam Keluarga. Kematangan Sosial yang dimaksud di dalam penelitian ini adalah tercapainya kesesuaian perilaku sesuai dengan tahap-tahap perkembangan yang dilalui ( Hurlock, 1990, h.28 ). Kematangan sosial antara anak laki-laki dan anak perempuan terdapat perbedaan. Menurut Lee.( 1989,h.4 ), anak perempuan cenderung mencapai setiap tahap perkembang an lebih dini daripada anak laki-laki. Inteligensi merupa kan faktor yang berperan dalam kematangan sosial anak. Ditinjau dari urutan anak dalam keluarga, anak sulung mem punyai penyesuaian sosial yang lebih baik daripada adik-adiknya (Hurlock, 1981, h.130). Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan kematangan sosial antara anak laki-laki dan anak perempuan kelompok B Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina Propinsi Jawa Timur Surabaya dengan mengontrol Inteligensi dan memperhatikan urutan anak dalam keluarga. Dihipotesiskan bahwa ada perbedaan kematangan sosial antara anak laki-laki dan anak perempuan kelompok 8 Taman Kanak-kanak Negeri Pembina Propinsi Jawa Timur Surabaya dengan mengontrol inteligensi dan memperhatikan urutan anak dalam keluarga. Penelitian ini menggunakan metode kros-seksional dan pendekatan teorinya mengarah pacta bio-sosial dari Havighurst. Populasi penelitian ini adalah murid-murid TK Negeri Pembina Propinsi Jawa Timur Surabaya. Sedangkan sampel yang dipergunakan adalah anak-anak kelompok 81, 82 dan 83 yang berusia 5 sampai 6 tahun; dengan alasan anak-anak ini akan masuk Sekolah Dasar dan diharapkan kematangan sosialnya akan baik. Penelitian dilakukan terhadap 60 anak yang terdiri dari 30 anak laki-laki dan 30 anak perempuan. Analisis data menggunakan metode statistik anakova rambang lugas 1 kovariabel. Pengumpulan data menggunakan tes "Wechsler Preschool And Primary Scale of Intelligence" (WPPSI) dan tes "Vineland Social Maturity Scale" (VSHS). Dari hasil analjsis data diperoleh kesimpulan bahwa tidak ada perbedaan kematangan┬Ěsosial anak laki-laki dan anak perempuan kelompok 8 Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina Propinsi Jawa Timur Surabaya ( F = 0,748 ; p = 0,604 ).

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 01 Jul 2015 03:16
Last Modified: 01 Jul 2015 03:16
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/24794

Actions (login required)

View Item View Item