Hubungan Antara Relasi Keluarga Dan Motif Berprestasi Dengan Prestasi Belajar Pada Siswa Kelas II SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo

Mauludiyah, Siti (1994) Hubungan Antara Relasi Keluarga Dan Motif Berprestasi Dengan Prestasi Belajar Pada Siswa Kelas II SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo. [Undergraduate thesis]

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/143575

Abstract

Seringkali dijumpai banyak masalah yang menyangkut prestasi belajar seseorang, karena masalah prestasi belajar selalu dihubungkan dengan inteligensi seseor-ang. Pada umumnya makin tinggi taraf inteligensi seseorang, makin baik pula prestasi belajarnya, tetapi sering dijumpai prestasi belajar yang tidak sesuai dengan kemampuan yang sebenarnya. Ada siswa yang berprestasi dibawah kemampuannya, tetapi ada juga yang berprestasi diatas Kemampuannya. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi prestasi belajar diantaranya yaitu relasi keluarga dan motif berprestasi. Subyek: dalam penelitian ini adalah siswa kelas II SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo yang berjumlah 185 subyek, tetapi yang memenuhi syarat sebanyak_ 80 siswa. Alat ukur yang dipergunakan adalah metode angket untuk mengungkap relasi keluarga dan motif berprestasi, sedangkan untuk melihat inteligensi dan prestasi belajarnya dengan metode dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis regresi umum dan korelasi parsial. Dari hasil perhitungan dengan teknik anareg didapatkan kesimpulan: ada hubungan yang kurang signifikan antara relasi keluarga dan motif berprestasi dengan prestasi belajar (F=1,341, P<0,30). Dari hasil perhitungan dengan korelasi parsial diperoleh kesimpulan: Tidak ada hubungan antara relasi keluarga dan prestasi belajar dengan mengontrol motif berprestasi {r=-0,080, P>0,30) dan ada hubungan yang cukup signifikan antara motif berprestasi dan prestasi belajar dengan mengontrol relasi keluarga (r-=0,183_ P<0,15) Dari kesimpulan ini dapat dilihat hasil dari distribusi frekwensi 0-abslut, bahwa dari masing-masing variabel terbut tidak adanya variasi nilai sehingga nilainya terfokus pada satu kategori. Disamping itu sampelnya terbatas pada subyek yang memiliki inteligensi rata-rata dan tidak membedakan jenis kelamin. Juga menyampingkan faktor lain seperti kepribadian bakat, minat sos1a1 ekonomi, lingkungan sekolah dan lingkungan masyarakat. Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi ilmu pengetahuan, pendidik, siswa orang tua dan penelitian selanjutnya.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 01 Jul 2015 07:00
Last Modified: 25 Sep 2020 07:52
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/24806

Actions (login required)

View Item View Item