Hubungan Antara Kesadaran Bertanggungjawab Dan Iteligensia Dengan Prestasi Belajar Remaja Pada Siswa SMA Katolik ST. Louis II Surabaya

Anggraeni, Elisabeth Inge (1995) Hubungan Antara Kesadaran Bertanggungjawab Dan Iteligensia Dengan Prestasi Belajar Remaja Pada Siswa SMA Katolik ST. Louis II Surabaya. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of P_154_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
P_154_Abstrak.pdf

Download (81kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/143559

Abstract

Bagi seorang remaja yang masih menuntut pendidikan formal di sekolah, prestasi belajar dipandang sebagai suatu hal yang sangat penting dikaitkan dengan ketatnya persaingan di bidang pendidikan untuk mendapatkan kesempatan belajar pada jenjang yang lebih tinggi. Untuk mencapai prestasi belajar yang baik selain ditunjang oleh inteligensi harus pula ditunjang oleh kesadaran bertanggung jawab. Dengan dugaan bahwa ada blbungan antara kesadaran bertanggung jawab dan inteligensi dengan prestasi belajar remaja, maka dilakukan penelitian untuk mengetahui ada tidaknya hubungan tersebut. Populasi penelitian adalah remaja pada SMA Katolik St. Louis II Surabaya, sedang teknik samplingnya adalah "cluster sampling", sehingga yang menjadi sampel penelitian adalah siswa kelas II saja. Metode dan data yang digunakan adalah metode angket yang bersifat langsung dan tertutup, metode tes yaitu tes SPM dan metode dokumentasi sekolah. Data yang diperoleh dari 180 subyek dianalisis dengan telmik korelasi ganda untuk menguji ada tidaknya blbungan antara kesadaran bertanggung jawab dan inteligensi dengan prestasi belajar. Kemudian data juga dianalisis dengan korelasi parsial jenjang pertama untuk menguji ada tidaknya hubungan antara kesadaran bertanggung jawab dan prestasi belajar dengan mengendalikan inteligensi, serta juga untuk menguji mbungan inteligensi dan prestasi belajar dengan mengendalikan kesadaran bertanggung jawab. Hasil yapg diperoleh menunjukkan tidak ada hubungan antara kesadaran bertanggung jawab dan inteligensi dengan prestasi belajar remaja (RY(l,2) = 0.079, F = 0.553 dan p = 0.582 atau p > 0.05). Selanjutnya diperoleh hasil tidak ada hubungan antara kesadaran bertanggung jawab dan prestasi belajar remaja dengan mengendalikan inteligensi (r1y-2 = 0.062 dan p = 0.583 atau p > 0.05). Sedangkan hubungan antara inteligensi dan prestasi belajar remaja dengan mengendalikan kesadaran bertanggung jawab juga tidak signifikan (r2y-1 = 0.047 dan p = 0.538 atau p > 0.05). Hasil tersebut menunjukkan bahwa kesadaran bertanggung jawab dan inteligensi bukanlah satu-satunya faktor yang mempengaruhi prestasi belajar, sehingga dapat disarankan pada peneliti lain untuk meneliti faktor-faktor lain seperti minat, bakat, motivasi, proses belajar mengajar, dan lain-lain. yang mungkin mempengaruhi prestasi belajar. Selain itu kondisi sampel penelitian ini yang homogen diduga juga berpengaruh, dari segi kesadaran bertanggung jawab, rata-rata sampel tergolong cukup tinggi sedangkan inteligensinya cenderung diatas rata-rata, sehingga disarankan peneliti lain untuk meneliti pada sampel yang lebih heterogen.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 02 Jul 2015 02:29
Last Modified: 02 Jul 2015 02:30
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/24821

Actions (login required)

View Item View Item