Pengaruh Faktor Usia, Tingkat Pendidikan dan Tingkat Penghasilan terhadap Pola Penggunaan Obat pada Pengobatan Sendiri (Di Kecamatan Sukorejo, Kabupaten Pasuruan)

Wulandari, Devi (2004) Pengaruh Faktor Usia, Tingkat Pendidikan dan Tingkat Penghasilan terhadap Pola Penggunaan Obat pada Pengobatan Sendiri (Di Kecamatan Sukorejo, Kabupaten Pasuruan). [Undergraduate thesis]

[img]
Preview
PDF
F_1519_Abstrak.pdf

Download (46Kb) | Preview
Official URL: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/150333

Abstract

Paparan sinar matahari dengan intensitas dan frekuensi yang berlebihan akan memberikan dampak buruk bagi kulit. Untuk mencegah terjadinya dampak buruk tersebut, maka dibutuhkan perlindungan buatan yang berasal dari luar tubuh, disamping adanya perlindungan alamiah. Perlindungan buatan yang merupakan pilihan utama yaitu dengan menggunakan produk tabir matahari yang diformulasikan dalam sediaan kosmetika untuk pemakaian topikal. Maka dalam penelitian ini dibuat sediaan tabir matahari topical berbentuk krim o/w dan krim w/o yang mengandung kombinasi bahan aktif Rutin 7% dan Etil Para Metoksisinamat (EPMS) 3,6%. Untuk mengetahui efektivitas sediaan yang buat, maka dilakukan uji efektivitas sediaan krim o/w dan krim w/o yang mengandung kombinasi Rutin dan EPMS dengan parameter persen Transmisi Eritema (% TE), persen Transmisi Pigmentasi(% TP), dan nilai Sun Protection Factor(SPF) dengan menggunakan alat spektrofotometer. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diketahui bahwa krim o/w memiliki nilai %Te = 6,26; %TP = 19,58; dan nilai SPF = 88,44. Sedangkan krim w/o memiliki nilai %TE = 6,10; %TP = 30,06; dan nilai SPF = 75,08. Dengan membandingkan kedua sediaan yang mengandung kombinasi Rutin dan EPMS tersebut secara statistik, dapat disimpulkan bahwa krim o/w mempunyai efektivitas tabir matahari yang lebih baik apabila dibandingkan dengan krim w/o, jika ditinjau dari parameter %TP.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Faculty of Pharmacy > Department of Pharmacy
Depositing User: Moch. Ali Syamsudin 197011
Date Deposited: 06 Jul 2015 02:24
Last Modified: 08 Jul 2015 07:10
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/24862

Actions (login required)

View Item View Item