Korelasi Antara Perilaku Mandiri Dengan Motif Berprestasi Pada Siswa Kelas V SDK Petra VII Surabaya

Salim, Swanda Indrawati (1990) Korelasi Antara Perilaku Mandiri Dengan Motif Berprestasi Pada Siswa Kelas V SDK Petra VII Surabaya. [Undergraduate thesis]

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/143716

Abstract

Perkembangan dan pertumbuhan anak sangat tergantung pada orang tua. Salah satu pertumbuhan yang sangat penting adalah petumbuhan perilaku mandiri. Dengan adanya perilaku mandiri anak diharapkan tidak selalu tergantung pada orang lain. Dari sini pula diharapkan anak dapat tumbuh dan berkembang motif berprestasinya, yang berguna bagi dirinya sendiri, orang lain dan bangsa Indonesia pada umumnya. Penelitian ini berdasarkan pada metode kros-seksional dan pendekatan teorinya mengarah pada teori sosial-belajar dari Robert Richardson Sears. Dari teori-teori yang ada dapat diturunkan hipotesa : ada korelasi antara perilaku mandiri dengan motif berprestasi dengan mengontrol inteligensi pada siswa kelas V SDK Petra VII Surabaya, ada perbedaan perilaku mandiri antara pria dan wanita pada siswa kelas V SDK Petra VII Surabaya, ada perbedaan motif berprestasi antara pria dan wanita pada siswa kelas V SDK Petra VII Surabaya. Adapun subyek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDK Petra VII sebanyak 3 kelas. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket dan metode tes. Angket untuk mengungkap perilaku mandiri dan motif berprestasi. Tes yang digunakan adalah tes CPM. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah korelasi parsial jenjang pertama dan T-test. Sebelum melakukan analisis data, terlebih dahulu dilakukan UJl normalitas dan uji homogenitas terhadap data yang sudah didapat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hipotesa pertama diterima, dengan demikian berarti ada korelasi antara perilaku mandiri dengan motif berprestasi. Hipotesa kedua diterima yang berarti ada korelasi antara perilaku mandiri dengan motif berprestasi dengan mengontrol inteligensi. Hipotesa ketiga diterima, dengan demikian berarti ada perbedaan perilaku mandiri antara pria dan wanita. Hipotesa terakhir ditolak, dengan demikian berarti tidak ada perbedaan motif berprestasi antara pria dan wanita.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 07 Jul 2015 07:33
Last Modified: 23 Sep 2020 06:33
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/24898

Actions (login required)

View Item View Item