Penerapan Life Cycle Costing dalam Pengambilan Putusan Penetapan Harga Jual Produk pada PT. P di Surabaya

Hendrawati, Lanny (1995) Penerapan Life Cycle Costing dalam Pengambilan Putusan Penetapan Harga Jual Produk pada PT. P di Surabaya. [Undergraduate thesis]

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/133292

Abstract

Perkembangan bisnis sepeda di Indones ia semakin mengalami peningkatan yang cukup nyata, yang disebabkan karena adanya perubahan fungsi dari sepeda itu sendiri. Hari ini fungsi sepeda tidak hanya sebagai alat transportasi, tetapi juga sebagai alat perlengkapan olahraga. Karena perubahan situasi pasar ini menyebabkan persaingan yang semakin ketat dalam merebut pangsa pasar baik dari dalam negeri naupun dari pesaing-pesaing luar negeri. Karena persaingan ini maka produkyang dibuat harus baik, berkualitas dan dengan harga yang bersaing. Untuk penetapan harga periu dipertimbangkan biaya yang harus dikeluarkan oleh produk tersebut. Penetapan biaya harus tepat karena penetapan biaya yang keliruakan memberikan dampak bagi keputusan yang diambil. Penetapan biaya atas produk memiliki berbagai cara tergantung manfaat yang akan diambil dari penetapan biaya itu sendiri. Apabi la manfaat penetapan biaya ini ditujukan bagi pihak eksternal maka penetapan biaya atas produk adalah disamakan dengan penetapan biaya-biaya selama produksi atau sering disebut biaya produksinya. Sedangkan bila manfaat yang akan diambil nantinya berhubungan dengan keputusan nanajerial badan usaha seperti menilai profitabilitas, menetapkan lini produk yang akan diproduksi dan juga untuk perencanaan harga produk maka penetapan biaya ini adalah biaya yang benar-benar terkait langsung dengan produk atau seringdi sebut biaya produk. Penetapan biaya produk untuk tujuan penetapan hargadi lakukan atas seluruh biaya yang terjadi selama usia hidup produk. Biaya ini tidak hanya meliputi biaya produksi yang terjadi selama memproduksi produk tersebut tapi biaya ini adalah ditetapkan lebih luas hinggapada biaya-biaya selama pengembangan produk dan biaya-biaya yang berhubungan dengan pemasaran produk tersebut. Biaya yang dikeluarkan untuk suatu produk selamausia hidupnya disebut sebagai biaya daur hidup produk(Life CycIe Cost). Secara keseluruhan biaya daur hidup produk dibagi atas tiga kategori utama yaitu biaya pengembangan (developnent cost), biaya produksi (production cost) dan biaya logistik (logistic cost). ...

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: Life Cycle Costing
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Faculty of Business and Economic > Department of Accounting
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 08 Jul 2015 04:34
Last Modified: 08 Jul 2015 04:34
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/24985

Actions (login required)

View Item View Item