Analisis dan Pengendalian Biaya Kualitas dengan Menggunakan Standard Quality Control dalam Upaya untuk Meningkatkan Profitabilitas Kafe X Surabaya

Budisutio, Yulika Puspasari (1995) Analisis dan Pengendalian Biaya Kualitas dengan Menggunakan Standard Quality Control dalam Upaya untuk Meningkatkan Profitabilitas Kafe X Surabaya. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of AK_480_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
AK_480_Abstrak.pdf

Download (148kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/132585

Abstract

Dengan semakin majunya peradaban manusia, teknologipun mengalami perkembangan yang luar biasa pesatnya. Hal ini mendorong manusia untuk menjadi semakin kritis dalam segala hal, terutama sekali dalam hal cara berpikir mereka untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan hidupnya. Masyarakat yang konsumtif kini semakin selektif dalam mengkonsumsi produk atau jasa sebagai alat untuk memenuhi kebutuhan mereka. Masyarakat saat ini tidak hanya bersifat selektif dalam hal harga, akan tetapi mereka juga semakin kritis terhadap kualitas dari suatu produk atau jasa yang akan mereka konsumsi. Para konsumen akan merasa puas baik dari segi psikologis maupun secara phisik hila mereka dapat memperoleh produk atau jasa dengan kualitas yang sesuai dengan yang mereka harapkan. Namun mereka akan kecewa apabila produk atau jasa yang mereka konsumsi ternyata tidak sesuai atau tidak memenuhi syarat kualitas yang ditawarkan untuk produk atau jasa tersebut. Hal ini tidak hanya berpengaruh pada loyalitas konsumen terhadap produk atau jasa dari badan usaha yang bersangkutan, akan tetapi juga membawa pengaruh bagi profitabilitas serta kelangsungan hidup badan usaha tersebut sebagai akibat dari beralilmya para konsumen ke produsen lain untuk mencari produk dengan kualitas yang lebih baik. Kondisi-kondisi tersebut di atas memicu kesadaran produsen untuk dapat menghasilkan produk maupun jasa yang berkualitas, yaitu dengan cara mengadakan perbaikan-perbaikan secara terus-menerus dan menyeluruh terhadap kualitas sebagai salah satu strategi mereka dalam menghadapi era persaingan global ini. Pengendalian kualitas tidak lagi dilakukan hanya pada produk jadi saja, melainkan dilakukan jauh sebelum proses produksi tersebut dimulai. Jadi, pengendalian kualitas dilakukan mulai dari pemilihan pemasok, pemilihan bahan baku serta bahan-bahan penolongnya, pengendalian terhadap proses produksi yang sedang berlangsung, hingga ke barangjadi. Salah satu metode atau cara yang dapat digunakan untuk mengendalikan kualitas adalah dengan menggunakan metode Peta Kontrol yang merupakan bagian dari Statistical Quality Control. Dengan metode Peta Kontrol, badan usaha akan dapat mengetahui saat-saat tetjadinya penyimpangan-penyimpangan yang menyebabkan timbulnya produk rusak secara dini, sehingga badan usaha yang bersangkutan akan dapat mengambil tindakan koreksi dengan segera serta mengantisipasi atau mengambil tindakan pencegahan untuk proses produksi yang berikutnya. ...

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: Biaya Kualitas
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Faculty of Business and Economic > Department of Accounting
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 09 Jul 2015 03:36
Last Modified: 09 Jul 2015 03:36
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/25001

Actions (login required)

View Item View Item