Pembuatan Sistem Informasi Pemasaran Perusahaan Penyedia Jasa Televisi Satelit Berlangganan

Dermawan, Real (2008) Pembuatan Sistem Informasi Pemasaran Perusahaan Penyedia Jasa Televisi Satelit Berlangganan. [Undergraduate thesis]

[img]
Preview
PDF
TI_1101_Abstrak.pdf

Download (91Kb) | Preview
Official URL: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/133844

Abstract

ASTRO merupakan perusahaan yang bergerak di bidang jasa pelayanan televisi satelit berlangganan. ASTRO mengukur nilai kesuksesan salah satunya berdasarkan banyaknya jumlah pelanggan yang didapat. Untuk mendapatkan pelanggan dalam jumlah banyak tentunya tidak mudah dikarenakan adanya perhitungan yang semakin ketat. Untuk itu diperlukan pemasaran yang baik dan terkendali dengan maksud untuk dapat memenangkan persaingan. Agar pemasaran dapat berjalan secara optimal ada empat hal yang mempengaruhi yaitu strategi penentuan produk, penetapan harga, distribusi, dan promosi kemungkinan terburuk jika melakukan kesalahan dalam menetapkan strategi pemasaran adalah perusahaan dapat mengalami kerugian. untuk menghindari terjadinya berbagai kesalahan dalam menetapkan strategi pemasaran, maka dibuatlah sebuah program aplikasi sistem informasi pemasaran. Produk yang dipasarkan adalah channel-channel televisi luar negeri yang dikemas dalam suatu paket acara. Sistem informasi pemasaran ini hanya ditinjau dari segi promosi saja. Aplikasi ini berbentuk perangkat lunak dengan basis data yang terhubung,sehingga dapat menyimpan berbagai arsip dan informasi yang dibutuhkan. Aplikasi ini mencakup proses produk, proses target penjualan, proses paket, dan proses promosi. Untuk proses promosi ada 4 macam yaitu promosi exhibition, promosi telemaketing, promosi media cetak, dan promosi sementara. Aplikasi ini menggunakan Visual Basic 6.0 sebagai user interfacenya, Microsoft SQL Server sebagai basis datanya, dan Crystal Report 10 untuk menampilkan laporan. Uji coba yang dilakukan adalah dengan mencoba program apakah sudah sesuai dengan sistem yang dimaksud dalam perancangan sistem (desain sistem)dan evaluasi, yaitu meliputi verifikasi dan validasi. Verifikasi yang dimaksud adalah menguji sistem apakah ada kesalahan atau tidak. Sedangkan validasi yang dimaksud adalah dengan mencocokkan apakah aplikasi yang dihasilkan sesuai dengan kebutuhan sistem atau tidak.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: Sistem Informasi Pemasaran
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatic
Depositing User: Hari Subagijo 201031
Date Deposited: 10 Jul 2015 07:17
Last Modified: 10 Jul 2015 07:17
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/25026

Actions (login required)

View Item View Item