Isolasi Dan Identifikasi Senyawa Flavonoid Dan Turunan Lignin Fraksi Eter Ekstrak Metanol-Air Batang Jambu Mete (Anacardium occidentale L.)

Kesumaesthy, Elisa (2004) Isolasi Dan Identifikasi Senyawa Flavonoid Dan Turunan Lignin Fraksi Eter Ekstrak Metanol-Air Batang Jambu Mete (Anacardium occidentale L.). [Undergraduate thesis]

[img]
Preview
PDF
F_1548_Abstrak.pdf

Download (52Kb) | Preview
Official URL: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/150300

Abstract

Indonesia kaya akan tumbuhan yang bermanfaat sebagai obat. Salah satunya adalah Jambu mete (Anacardium occidentale L.). Dari penelitian terdahulu diketahui bahwa pada kulit batang Jambu mete (Anacardium occidentale L.) mengandung flavonoid. Oleh karena itu perlu dilakukan penelitian pada bagian dari Anacardtum occidentale L. yang lain, yaitu pada batang secara keseluruhan khususnya kandungan flavonoid dan turunan ligninnya. Metode yang digunakan untuk mengetahui senyawa flavonoid dan turunan lignin pada batang Anacardium occidentale L. yaitu ekstraksi dengan metode Markham ( 1988) dilanjutkan dengan cara fraksinasi bertingkat berdasarkan kepolaran yang meningkat. Pada fase eter ekstrak metanol-air batang Anacardium occidentale L didapatkan 14 noda senyawa. Pemurnian senyawa secara kromatografi lapis tipis preparatif dengan fase diam selulosa mikrokristalin dan fase gerak asam asetat 25% dapat dipisahkan 6 senyawa, masing-masing senyawa E-7, E-8, E-9, E-10, E-11, dan E-13. Karakterisasi senyawa dilakukan dengan metode spektrofotometer ultraviolet-tampak dan spektrofotometer inframerah (IR). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa keenam senyawa tersebut bukan senyawa flavonoid, tetapi lebih mengarah kepada senyawa turunan lignin. Senyawa E-7, E-9, E-10, E-ll merupakan senyawa lignin turunan 4-4'-Dipropil-6,6' -biguaiakol. Senyawa E-8 merupakan senyawa lignin turunan 4-Propilveratrole, dan senyawa E-13 merupakan senyawa lignin turunan spruce.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Faculty of Pharmacy > Department of Pharmacy
Depositing User: Moch. Ali Syamsudin 197011
Date Deposited: 20 Jul 2015 14:18
Last Modified: 20 Jul 2015 14:18
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/25063

Actions (login required)

View Item View Item