Hubungan antara Self Efficacy dalam Menghadapi Ujian dengan Kecenderungan Menyotek pada Mahasiswa Akhir

Maradina, Clara (2008) Hubungan antara Self Efficacy dalam Menghadapi Ujian dengan Kecenderungan Menyotek pada Mahasiswa Akhir. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of ED_332_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
ED_332_Abstrak.pdf

Download (46kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/133481

Abstract

Dalam usaha untuk meraih keberhasilan mendapatkan nilai yang baik dalam ujian, ada mahasiswa yang belajar dengan tekun dan ada pula mahasiswa yang memilih berbuat curang, misalnya menyontek saat mengikuti ujian. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara self efficacy dalam menghadapi ujian dengan kecenderungan menyontek pada mahasiswa semester akhir di Fakultas Psikologi Universitas Surabaya. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif korelasional. Subjek penelitian adalah mahasiswa akhir Fakultas Psikologi Universitas Surabaya yang sedang mengambil mata kuliah prasyarat (N=28). Pengambilan data dilakukan dengan metode angket yang berisikan skala self efficacy dalam menghadapi ujian dan skala kecenderungan menyontek. Teknik analisis data yang akan digunakan adalah teknik korelasi Spearman. Uji hipotesis menggunakan teknik statistik non-parametrik mendapatkan nilai signifikansi Spearman sebesar 0,001 (p < 0,05) sehingga bisa dinyatakan bahwa terdapat hubungan antar variabel. Nilai koefisien korelasi adalah -0,571 yang menunjukkan arah negative hubungan. Hal ini berarti bahwa semakin tinggi self efficacy dalam menghadapi ujian maka kecenderungan menyontek akan semakin rendah, dan sebaliknya semakin rendah self efficacy dalam menghadapi ujian maka kecenderungan menyontek akan semakin tinggi. Tingginya kecenderungan menyontek dikarenakan rendahnya self efficacy dalam menghadapi ujian. Rendahnya self efficacy dalam menghadapi ujian dikarenakan adanya pengalaman performansi yaitu pengalaman akan kegagalan dalam berprestasi. Mahasiswa disarankan untuk meningkatkan self efficacy dengan cara selalu meningkatkan keyakinan akan kemampuan dengan berlatih mengatasi masalah dan rintangan yang sulit dari permasalahan yang sederhana kemudian meningkat sampai situasi yang sulit dengan harapan tidak mudah putus asa dalam menghadapi kesulitan saat ujian.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: self efficacy, kecenderungan menyontek, mahasiswa semester akhir.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Sugiarto
Date Deposited: 30 Jul 2015 05:11
Last Modified: 30 Jul 2015 05:12
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/25115

Actions (login required)

View Item View Item