Hubungan antara Persepsi Siswa SMA Terhadap Layanan Bimbingan Karir dengan Pengambilan Keputusan Pilihan Jurusan di Perguruan Tinggi

Martha, Mustika (2008) Hubungan antara Persepsi Siswa SMA Terhadap Layanan Bimbingan Karir dengan Pengambilan Keputusan Pilihan Jurusan di Perguruan Tinggi. [Undergraduate thesis]

[img]
Preview
PDF
ED_336_Abstrak.pdf

Download (45Kb) | Preview
Official URL: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/133485

Abstract

Melewati masa kelulusan siswa SMA akan kembali dihadapkan pada pemilihan jurusan di perguruan tinggi, mengingat begitu banyaknya jurusan yang disediakan oleh perguruan tinggi menyebabkan siswa menjadi bingung dan kurang dapat menentukan pilihan jurusan yang tepat bagi dirinya. Pihak sekolah sebagai salah satu institusi pendidikan formal mempunyai tanggung jawab untuk menyiapkan siswanya melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi melalui layanan bimbingan karir. Dalam penelitian ini diteliti tentang hubungan persepsi siswa SMA terhadap layanan bimbingan karir dengan pengambilan keputusan pilihan jurusan di perguruan tinggi. Subyek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII SMA Dapena 1 Surabaya sebanyak 62 siswa, penelitian ini menggunakan teknik “Purposive Sampling”. Pengumpulan data dilakukan dengan metode angket (kuesioner), analisis data menggunakan korelasi “Product Moment”. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa nilai korelasi (r) sebesar 0.242 dan nilai p sebesar 0.029 (p<0.05), Hal ini berarti bahwa hipotesis yang diajukan diterima, yaitu terdapat hubungan antara persepsi tentang layanan Bimibingan Karir dengan pengambilan keputusan.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: Persepsi, layanan bimbingan karir, pengambilan keputusan, pilihan jurusan di perguruan tinggi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Sugiarto
Date Deposited: 30 Jul 2015 07:25
Last Modified: 30 Jul 2015 07:25
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/25119

Actions (login required)

View Item View Item