Facebook dan Narsisisme

Maria, Yovita (2010) Facebook dan Narsisisme. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of UE_93_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
UE_93_Abstrak.pdf

Download (46kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/155038

Abstract

Situs jaringan sosial Facebook merupakan sarana komunikasi yang populer di kalangan mahasiswa. Oleh karena itu, situs ini menjadi salah satu hal yang penting bagi kehidupan mahasiswa. Melalui Facebook, mereka dapat berinteraksi dengan teman-teman mereka, berbagi informasi, dan menunjukkan narsisisme mereka dengan cara mengekspresikan diri mereka sebebas mungkin di Facebook. Berdasarkan hasil survei awal, mahasiswa mengekspresikan dirinya melalui foto-foto yang mereka tampilkan di Facebook, supaya mereka juga bisa mendapatkan komentar dari orang lain terhadap foto-fotonya. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran mengenai tingkat narsisisme mahasiswa pengguna Facebook. Definisi narsisisme yang digunakan dalam penelitian ini adalah narsisisme yang normal. Penelitian ini bersifat kuantitatif deskriptif. Pengambilan data dilakukan dengan metode survei. Jumlah Subjek dalam penelitian ini berjumlah 120 orang. Data yang didapat dianalisis dengan teknik statistik deskriptif yaitu diubah dan dideskripsikan dalam bentuk tabel distribusi frekuensi dan tabulasi silang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar alasan mahasiswa bergabung dengan Facebook karena ingin menjalin pertemanan (46%) dan mengikuti tren (23,8%). Berdasarkan hasil analisis data, tingkat penggunaan Facebook tergolong sedang (52,5%), dan penggunaan Facebook untuk berinteraksi dan bersosialisasi dengan teman pada kategori sedang (42,7%) dan tinggi (42,7%). Facebook sebagai sarana pertemanan dapat juga digunakan sebagai sarana untuk mengekspresikan narsisisme. Sebagian besar mahasiswa memiliki tingkat narsisisme yang tergolong sedang (61,7%). Diantara ketujuh aspek narsisisme, terdapat tiga buah aspek yang berada pada kategori sedang dan tinggi, yaitu self-sufficiency (42,5%), vanity (50%), dan entitlement (47,5%). Penelitian ini juga menemukan bahwa tingkat vanity yang cenderung tinggi ditemukan pada mahasiswa yang memasang foto diri sendiri sebagai foto profil. Tingkat self-sufficiency yang cenderung tinggi tampak dalam kemampuan mahasiswa membuat Quotes dan mengedit foto mereka sendiri. Tingkat entitlement yang cenderung tinggi tampak dalam keinginan mahasiswa untuk mendapatkan perhatian dan komentar dari banyak orang di Facebook. Saran utama yang diberikan kepada mahasiswa pengguna Facebook yaitu agar mahasiswa dapat memanfaatkan Facebook sebagai ajang narsisisme, asalkan mereka dapat mengontrol dan mengekspresikan narsisismenya secara wajar. Selain itu diharapkan mahasiswa juga dapat mengimbangi interaksi pertemanan yang terjadi di dalam Facebook dengan pertemanan di dunia nyata.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: Facebook, Narsisisme
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 05 Aug 2015 07:51
Last Modified: 05 Aug 2015 07:51
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/25160

Actions (login required)

View Item View Item