Motivasi Wisatawan Surabaya untuk Berbagi Pengalaman Wisata di Pulau Bali Melalui Media Sosial

Yuliani, Ayu Intan (2014) Motivasi Wisatawan Surabaya untuk Berbagi Pengalaman Wisata di Pulau Bali Melalui Media Sosial. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of M_5582_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
M_5582_Abstrak.pdf

Download (65kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/239134

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menggambarkan motivasi yang mendorong wisatawan Surabaya untuk membagi pengalaman berwisatanya saat berada di Pulau Bali melalui media sosial. Media Sosial yang dipilih terbagi menjadi delapan jenis media sosial. Target populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah wisatawan domestik yang bertempat tinggal di Surabaya dan pernah melakukan perjalanan wisata di Pulau Bali. Dipilihnya responden tersebut dimaksudkan agar informasi atau data yang didapat untuk kebutuhan penelitian sesuai dengan kenyataan (obyektif). Aras dan skala yang digunakan dalam penelitian ini menggunakn dua jenis aras dan skala yaitu nominal serta ordinal. Pengumpulan data berasal dari data primer yaitu dengan penyebaran kuesioner yang dibagikan kepada responden dan bersifat tertutup (close ended questions), yaitu jawaban responden telah dibatasi dengan menyediakan alternative jawaban. Sampel yang ditetapkan dalam penelitian ini sejumlah 150 responden. Metode pengolahan data yang digunakan dalam penelitian ini antara lain menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, statistik deskriptif, dan tabulasi silang dengan statistik uji chi-square pada signifikansi 0,05% (p<0,05) dengan menggunakan program SPSS 20.0. Dari penelitian ini didapatkan hasil bahwa ada motivasi yang mendorong wisatawan Surabaya untuk membagi pengalaman wisatanya di Pulau Bali melalui media sosial. Dimensi yang memiliki frekuensi setuju tertinggi ada pada self-centred motivations dengan pernyataan frekuensi setuju tertinggi pada pernyataan saya ingin menjaga hubungan sosial dan pertemanan.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: Sharing Motivation, Media Sosial, Wisatawan
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Business and Economic > Department of Management
Depositing User: Sugiarto
Date Deposited: 06 Aug 2015 01:32
Last Modified: 06 Aug 2015 01:33
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/25164

Actions (login required)

View Item View Item