Perancangan Sistem Informasi Manajemen di UD. Perdana, Surabaya

Tiono, Fanny Carolina (2010) Perancangan Sistem Informasi Manajemen di UD. Perdana, Surabaya. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of TM_3388_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
TM_3388_Abstrak.pdf

Download (50kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/154949

Abstract

UD. Perdana adalah home industry yang bergerak di bidang garment. Hasil produksinya berupa kaos dengan dan tanpa kerah untuk pria, yang dapat dipesan dengan berbagai model. Dalam pembuatan kaos ini dibutuhkan banyak operator yang bertugas di bidangnya masing-masing. Ada operator yang bertugas sebagai pemotong kain, penjahit, pengobras, dan packaging. UD. Perdana ini dipimpin oleh satu orang yang sekaligus pemilik UD. Perdana. Selama ini, UD. Perdana memakai sistem informasi secara manual (tidak terkomputerisasi), sehingga menyulitkan pimpinan dalam mencari data yang dibutuhkan. Pimpinan UD. Perdana selalu menuliskan data yang dibutuhkan ke dalam buku, sebagian nota pembelian yang sudah tidak terpakai dibuang begitu saja. Hal ini dapat menyulitkan jika suatu saat nanti informasi yang terkait dibutuhkan dan muncul permasalahan dalam pencarian data yang dibutuhkan. Hal lain juga terkait dengan penyimpanan model baju yang pernah dibuat, model-model baju yang telah dibuat ini biasanya tidak diarsip. Selain itu, sistem produksinya yang masih mengandalkan pemeriksaan dari pimpinan dalam setiap produknya ini menyebabkan pimpinan sangat kelelahan. Pimpinan juga harus selalu memantau setiap tenaga kerjanya agar produk yang dihasilkan memiliki kualitas yang baik. Analisis perrmasalahan yang terjadi di perusahaan adalah pada job description dan sistem informasi yang lama. Selama ini job description ini berpusat pada pimpinan. Sedangkan permasalahan yang terjadi pada sistem informasi yang lama yaitu tidak adanya ketetapan khusus dalam penulisan laporan dan penulisan dokumen yang dibutuhkan, adanya kesulitan pencarian data, hilangnya data-data penjualan yang telah lama, hilangnya arsip data pembelian dan surat jalan milik supplier yang telah lama, hilangnya data-data model baju yang telah lama diproduksi, tidak adnya format khusus dalam penulisan order penjualan, banyaknya dokumen yang harus disimpan untuk meminimalkan kehilangan data. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka dilakukan perancangan job description, sistem dan prosedur usulan, dan perancangan sistem database yang dibutuhkan. Pada perancangan job description ini, beberapa tanggung jawab didelegasikan pada karyawan, sehingga dapat memperingan kerja Pimpinan. Job description Pimpinan juga dibantu dengan adanya sistem database. Sistem pembuatan database ini menggunakan SDLC (System Development Life Cycle) yang memiliki tujuh tahapan. Tujuh tahapan tersebut terdiri dari Plan, Analysis, Design, Develop, Test, Implement, Maintain. Pada tahap Plan, akan dianalisis apa saja yang dibutuhkan. Kemudian pada tahap Analysis ini akan dibahas perbaikan pada job description dan perbaikan pada sistem dan prosedur yang baru. Kemudian pada tahap Design ini akan dilakukan perancangan struktur tabel yang dibutuhkan. Kemudian pada tahap Develop ini akan dibuat form-form yang dibutuhkan. Sistem database yang dibuat ini meliputi master (supplier, customer, bahan baku, barang jadi, karyawan, mesin, user), order penjualan (Sales Order) Lokal dan Ekspor, produksi, surat jalan, pelunasan, serta pembelian bahan baku, penerimaan, dan pelunasan. Pencarian data yang dibutuhkan dapat dibantu melalui database. Setelah dibuat pengembangan, maka dilakukan pengenalan program ke perusahaan dan dievaluasi. Setelah itu akan dilakukan implementasi di perusahaan. Untuk mengikuti perkembangan teknologi dan menjaga agar database dapat terus berfungsi, maka dibutuhkan Maintain (perawatan). Dengan adanya database, maka diharapkan kerja perusahaan dapat lebih terstandarisasi. Hasil dari Tugas Akhir ini adalah adanya perbaikan job description pada beberapa bagian yang berfungsi untuk meringankan tugas pimpinan, adanya pengelompokan sistem dan prosedur dalam setiap kegiatan perusahaan yang dibagi menjadi tiga bagian besar yaitu penjualan lokal, penjualan ekspor, dan pembelian bahan baku. Hasil implementasi Tugas Akhir ini adalah adanya tambahan dokumen, adanya rekap bulanan, dan juga mempercepat pencarian data dan tidak ada lagi data yang hilang. Selain itu, UUD. Perdana dapat memberikan hasil print out bukti pemesanan dan nota penjualan kepada customer.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: Sistem Informasi Manajemen, Sistem SDLC
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 12 Aug 2015 04:37
Last Modified: 12 Aug 2015 04:37
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/25195

Actions (login required)

View Item View Item