Studi Tentang Penyusunan Norma Tes Coloured Progressive Matrices Pada Siswa Sekolah Dasar Usia 7-11 Tahun Di Kotamadya Surabaya Tahun 1991

Hidajat, Soeyadi (1992) Studi Tentang Penyusunan Norma Tes Coloured Progressive Matrices Pada Siswa Sekolah Dasar Usia 7-11 Tahun Di Kotamadya Surabaya Tahun 1991. [Undergraduate thesis]

[img]
Preview
PDF
P_65_Abstrak.pdf

Download (78Kb) | Preview
Official URL: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/143653

Abstract

Kebutuhan akan tes inteligensi bagi anak dirasakan perlu, sedangkan alat tes yang telah distandardisir di Indonesia masih sedikit. TAs inteligensi CPM dianggap memadai untuk digunakan hanya saja perlu adanya adaptasi norma, oleh karena itu diadakan penelitian tentang penyusunan norma tes CPM khususnya untuk anak Sekolah Dasar usia 7-11 tahun. Subyek penelitian adalah anak Sekolah Dasar berusia 7 11 tahun di Kotamadya Surabaya tahun 1991 yang berjumlah 1351 anak dan berjenis kelamin laki-laki dan perempuan yang diperoleh dengan metode stratified sampling. Pendekatan yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan psikologik dengan metode cross sectional. Pengumpulan data yang digunakan adalah metode testing dan dokumentasi. Dengan menggunakan teknik analisis statistik analisa varian satu jalur dari Seri Program Statistik Hadi dan Pamardiyanto diperoleh kesimpulan: 1. Ada perbedaan yang sangat signifikan antara taraf in tel igensi ( berdasar skor CPM) pada kelompok laki-laki dengan kelompok perempuan. 2. Ada perbedaan yang kurang signifikan antara taraf inteligensi ( berd~sar skor CPM) pada kelompok usia 7,1-8,0 tahun dengan kelompok usia 8,1-9,0 tahun. 3. Ada perbedaan yang sangat signifikan antara taraf inteligensi ( berdasar skor CPM) pada kelompok usia 7,1-8,0 tahun dengan kelompok usia 9,1 -10,0 tahun. 4. Ada perbedaan yang kurang signifikan antara taraf inteligensi ( berdasar skor CPM) pada kelompok usia 7,1-8,0 tahun dengan kelompok usia 10,1-11,0 tahun. 5. Ada perbedaan yang sangat signifikan antara taraf inteligensi ( berdasar skor CPM) pada kelompok usia 8,1-9,0 tahun dengan kelompok usia 9,1-10,0 tahun. 6. Tidak ada perbedaan yang signifikan antara taraf inteligensi ( berdasar skor CPM) pada kelompok usia 8,1 9,0 ·tahun dengan kelompok usia 10,1-11,0 tahun. 7. Ada perbedaan yang cukup signifikan antara taraf inteligensi ( berdasar skor CPM) pada kelompok usia 9,1-10,0 tahun dengan kelompok usia 10,1-11,0 tahun. Dari basil peneli tian ternyata kelompok usia 9,1-10,0 tahun mempunyai taraf inteligensi yang lebih tinggi dibanding dengan kelompok usia lainnya.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 28 Aug 2015 03:36
Last Modified: 28 Aug 2015 03:37
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/25324

Actions (login required)

View Item View Item