Studi Perbedaan Kemampuan Bicara Antara Anak Kembar Dan Anak Non Kembar Yang Berusia 4-5 Tahun Di Yayasan Pendidikan Negeri Kuncup Bunga Surabaya

Candra, Melania Eka (1994) Studi Perbedaan Kemampuan Bicara Antara Anak Kembar Dan Anak Non Kembar Yang Berusia 4-5 Tahun Di Yayasan Pendidikan Negeri Kuncup Bunga Surabaya. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of P_128_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
P_128_Abstrak.pdf

Download (79kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/143635

Abstract

Bicara merupakan salah satu fungsi komunikasi dan kemampuan berbicara akan memenuhi kebutuhan lain. dalam kehidupan anak, yaitu kebutuhan untuk menjadi bagian dari kelompok sosial dan pengadaan· hubungan dengan lingkungan sekitar, karena berbicara juga merupakan sarana pokok dalam bersosialisasi. Kemampuan bicara selain dipengaruhi oleh keadaan anak itu sendiri, misalnya: jenis kelamin dan inteligensi; juga disebabkan perlakuan yang berbeda dari lingkungan, misalnya antara anak kembar dan anak non kembar. Karena itu penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan bicara anak kembar dan anak non kembar usia 4-5 tahun. Penelitian dilakukan terhadap 52 anak usia 4-5 tahun dengan metode cross-sectional dan pendekatan psikologi. Populasi meliputi semua anggota Yayasan Pendidikan "Negeri Kuncup Bunga" Surabaya. Sampel diambil secara purposive dan quota. Usia sampel berkisar antara 4-5 tahun dengan berdasar pada tugas-tugas perkembangan Havighurst dimana pada usia tersebut salah satu tugas penting dalam perkembangan seorang anak yang harus dilakukan adalah belajar berbicara. Data tentang kemampuan bicara anak diungkap dengan tes Bicara, sedangkan data tentang inteligensi anak diungkap dengan tes WPPSI. Pengujian hipotesis dilakukan dengan metode Analisis Kovarians Dua Jalur dengan Satu Kovariabel. Dari hasil analisis disimpulkan: 1. Ada perbedaan kemampuan bicara antara anak kembar dan anak non kembar pada taraf signifikan 0,10 (Fo = 2,828 pada p = 0,095). Anak non kembar mempunyai kemampuan bicara yang cenderung lebih baik dibanding anak kembar (skor sesuaian untuk kembar dan non kembar secara berturut-turut adalah 101,194 dan 104,958). 2. Tidak ada perbedaan kemampuan bicara antara anak laki-laki dan anak perempuan (Fo = 0,145 pada p = 0,707).

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 08 Sep 2015 03:39
Last Modified: 08 Sep 2015 03:39
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/25384

Actions (login required)

View Item View Item