Studi Tentang Hubungan Persepsi Visual Yang Diungkap Dengan Marianne Frostig Developmental Test Of Visual Perception Dengan Prestasi Membaca Di Sekolah Pada Anak Kelas 2 SD Di SDN Kalirungkut Suraba

Abianti, Winni (1995) Studi Tentang Hubungan Persepsi Visual Yang Diungkap Dengan Marianne Frostig Developmental Test Of Visual Perception Dengan Prestasi Membaca Di Sekolah Pada Anak Kelas 2 SD Di SDN Kalirungkut Suraba. [Undergraduate thesis]

[img]
Preview
PDF
P_156_Abstrak.pdf

Download (75Kb) | Preview
Official URL: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/143590

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan persepsi visual dengan prestasi membaca pada anak kelas 2 SD. Persepsi visual adalah suatu kemampuan seorang anak dalam menangkap atau memahami suatu simbol, yang nantinya akan membantu anak dalam memahami dan mempelajari bentuk-bentuk huruf. Untuk mendapatkan data digunakan metode tes dan dokumentasi. Metode test digunakan untuk melihat taraf kematangan persepsi visual anak dengan menggunakan alat test Marianne Frostig Developmental Test of Visual perception, sedangkan untuk mengungkap taraf inteligensi digunakan alat test "Coloured Progressive Matrices " (Test CPM) . Dokumentasi dipakai untuk mengungkap taraf kemampuan membaca anak yang didapat dari hasil nilai raport yang diperoleh dari hasil test bahasa Indonesia. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas 2 di Sekolah Dasar Negeri kalirungkut Surabaya. Populasi generalisasi hasil penelitian didasarkan pada populasi hipotetik, yaitu semua siswa kelas 2 SD yang memiliki karakteristik yang sama dengan subyek penelitian. Analisis data dilakukan dengan menggunakan Tehnik Korelasi Parsial 0-jalur, yang digunakan untuk menguji ada tidaknya hubungan persepsi visual dengan prestasi membaca pada siswa kelas 2 SD. Dari analisis diperoleh hasil sebagai berikut : Ada korelasi yang positif antara persepsi visual dan prestasi membaca dengan mengontrol nilai inteligensi. Nilai r1,y-2 ; 0,394, p= 0.01 atau p < 0.01. Sebagai pembahasan, hasil penelitian menunjukkan bahwa ada korelasi antara persepsi visual dan prestasi membaca. Hal ini dapat diartikan bahwa apabila seorang anak memiliki kemampuan persepsi visual yang baik maka kemampuan membacanya juga akan baik.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 09 Sep 2015 02:06
Last Modified: 09 Sep 2015 02:06
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/25394

Actions (login required)

View Item View Item