Persepsi Guru Bidang Studi Terhadap Layanan Bimbingan dan Konseling di SMAN 10 Surabaya

Winadi, Nurwidiasih Firstyana (2008) Persepsi Guru Bidang Studi Terhadap Layanan Bimbingan dan Konseling di SMAN 10 Surabaya. [Undergraduate thesis]

[img]
Preview
PDF
ED_339_Abstrak.pdf

Download (46Kb) | Preview
Official URL: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/133488

Abstract

Layanan bimbingan dan konseling tidak akan berhasil apabila tidak ada keinginan kerjasama dan tidak ada sikap kooperatif baik dari guru BK, guru bidang studi, siswa, maupun para staf sekolah. Sikap kooperatif ini dipengaruhi oleh persepsi masing-masing individu bagaimana memandang layanan bimbingan dan konseling. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan persepsi guru bidang studi terhadap layanan bimbingan dan konseling yang menyangkut aspek metode pengajaran bimbingan dan konseling, aspek manfaat layanan bimbingan dan konseling, aspek tujuan dan fungsi bimbingan dan konseling, aspek karakteristik guru bimbingan dan konseling, dan aspek jenis-jenis layanan bimbingan dan konseling serta untuk melihat faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi terbentuknya persepsi guru bidang studi terhadap layanan bimbingan dan konseling. Penelitian ini bersifat deskriptif kuantitatif yang dilakukan pada 50 orang guru bidang studi (total population), subjek penelitian berjenis kelamin laki-laki (21orang), subjek penelitian berjenis kelamin perempuan (29 orang), dengan usia 30-59 tahun, tingkat Pendidikan D3, S1, Dan S2, lama bekerja subjek penelitian 7-36 tahun. Pengambilan data dengan menggunakan angket terbuka, angket tertutup dengan skala likert dan wawancara yang dilakukan sebagai data pendukung data kuantitatif untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi persepsi guru bidang studi terhadap layanan bimbingan dan konseling. Analisis data yang digunakan teknik statistik deskriptif dan diolah serta ditampilkan dalam bentuk tabel distribusi frekuensi dan persentase. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa dari seluruh aspek yang ada, terlihat bahwa subjek penelitian memiliki persepsiyang baik terhadap layanan bimbingan dan konseling (72%). Dari penelitian ini disimpulkan bahwa, subjek cenderung positif terhadap aspek tujuan dan fungsi bimbingan dan konseling dari seluruh aspek yang diteliti (78%). Faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi guru bidang studi terhadap layanan bimbingan dan konseling adalah pengalaman selama mengajar, cara penyampaian layanan bimbingan dan konseling, sifat dan karakteristik guru bimbingan dan konseling.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: Persepsi. layanan bimbingan dan konseling, guru bidang studi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 10 Sep 2015 02:23
Last Modified: 10 Sep 2015 02:23
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/25421

Actions (login required)

View Item View Item