Tansil, Sampurna (2009) Hubungan Antara Reflected Appraisals dengan Mathematic Academic Self-Efficacy pada Siswa SMA. [Undergraduate thesis]
Preview |
PDF
ED_351_Abstrak.pdf Download (45kB) | Preview |
Abstract
Perkembangan dunia pendidikan pada dewasa ini semakin hari semakin maju. Ternyata salah satu faktor psikologis memberikan peranan yang cukup penting dalam memahami dinamika pendidikan bidang matematika. Tidak hanya dari segi kognitif, ternyata self - efficacy siswa dalam bidang akademis turut memberikan pengaruh yang cukup signifikan kepada prestasi siswa khususnya matematika (Bouchey & Harter, 2005). Hal ini perlu menjadi sorotan karena dewasa ini banyak pihak yang hanya menekankan pendidikan hanya dari segi teknis dan kognitif tanpa memberikan perhatian yang cukup kepada aspek psikologis siswa. Salah satu variabel yang memberikan pengaruh kepada academic self - efficacy siswa dalam bidang matematika adalah reflected appraisals yang dipersepsi siswa itu sendiri. Oleh karena itu, penelitian ini dibuat untuk melihat bagaimana pengaruh yang diberikan oleh reflected appraisals oleh orang- orang terdekat (ibu, ayah, teman, guru) terhadap self - efficacy akademis siswa dalam bidang matematika. Subyek penelitian adalah siswa- siswi salah satu SMA Katolik swasta di Surabaya usia 16-18 tahun yang berada pada tingkatan kelas XII dan mengambil minat jurusan IPA (N=241). Data dikumpulkan melalai hasil wawancara, angket terbuka dan skala diferensiasi. Analisis data menggunakan analisis regresi SPSS 13.00. Hasil penelitian menunjukkan bahwa reflected appraisals memberikan nilai sumbangan prediksi yang cukup signifikan bagi mathematic academic self - efficacy bagi siswa dengan persentase sumbangan (R square) sebesar 17.8% dan persentase sumbangan yang diberikan oleh ibu dan teman sebesar 18.5%. Hal ini menunjukkan bahwa persepsi oleh seorang siswa akan penilaian yang diberikan oleh orang- orang sekitar cukup dapat memberikan sumbangan prediksi terhadap self - efficacy siswa dalam bidang pelajaran matematika, sedangkan pengaruh yang lebih besar diberikan oleh significant others ibu dan teman.
Item Type: | Undergraduate thesis |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Reflected appraisals, mathematic acaddemic |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Faculty of Psychology > Department of Psychology |
Depositing User: | Masyhur 196042 |
Date Deposited: | 11 Sep 2015 03:04 |
Last Modified: | 11 Sep 2015 03:04 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/25435 |
Actions (login required)
View Item |