Studi Eksploratori Penerapan Experiential Marketing pada Hanamasa Restaurant Berdasarkan Pengalaman Konsumen di Surabaya

Irawan, Ferry (2009) Studi Eksploratori Penerapan Experiential Marketing pada Hanamasa Restaurant Berdasarkan Pengalaman Konsumen di Surabaya. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of M_4642_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
M_4642_Abstrak.pdf

Download (48kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/154776

Abstract

Restaurant Hanamasa merupakan restaurant Jepang pertama di Indoesia yang melakukan experience marketing. Pelaksanaan experience marketing dapat dibuktikan dengan Restaurant Hanamasa tidak menekankan pada features dan benefit dalam pengelolaannya melainkan melibatkan unsur emosi dalam memberikan service. Restaurant Hanamasa tidak hanya memperhatikan unsur emosi tetapi juga menciptakan pengalaman yang mengesankan, membuat pengalaman unik yang positif, dan juga menciptakan pengalaman holistic. Tujuan penelitian adalah menggali lebih dalam mengenai experiential marketing yang dilaksanakan Hanamasa Restaurant untuk memenuhi persepsi pelanggan di Surabaya. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah riset eksploratori. Experiential marketing, diukur melalui elemen-elemen: sense, experience, feel experience, think experience, act experience dan relate experience. Data yang digunakan dalam penelitian ini bersumber dari data primer melalui direct interview. Karakteristik responden yang digunakan adalah pria dan wanita yang pernah mengunjungi Hanamasa Restaurant di Surabaya minimal dua kali dalam 6 bulan terakhir, berdomisili di Surabaya, serta berpendidikan minimal SMU/sederajat. Teknik pengambilan sampel menggunakan non probability sampling, yaitu peluang dari anggota populasi untuk dipilih menjadi sampel berdasarkan pertimbangan dari peneliti. Cara pengambilan sampel menggunakan tipe judgmental sampling. Sampel yang diambil adalah 8 orang responden. Prosedur pengumpulan data menggunakan direct interview dengan memperhatikan target dan karakteristik populasi yang telah ditentukan oleh peneliti. Metode pengolahan data yang digunakan adalah transkrip, open coding, axial coding, dan selective coding. Setelah beberapa tahapan tersebut selesai dilakukan kemudian dilakukan analisis kualitatif untuk memperdalam pengalaman dan pemahaman terhadap masalah yang diteliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua responden mengalami seluruh elemen experiential marketing, tetapi Hardi, Jefry dan Rehan paling banyak mengalami sub experiential marketing yakni 28 sub elemen experiential marketing. Sub elemen experiential marketing yang dialami responden lain berturut-turut Panji (21 sub elemen), Sandi (21 sub elemen), Meta (19 sub elemen), Yulius (18 sub elemen), dan Handy (14 sub elemen). Hal ini menunjukkan bahwa responden sering mengalami experiential marketing.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: Experiential Marketing, Konsumen
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Business and Economic > Department of Management
Depositing User: Sugiarto
Date Deposited: 16 Sep 2015 07:48
Last Modified: 16 Sep 2015 07:49
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/25474

Actions (login required)

View Item View Item