Suhardono, Siska Febriana (2009) Studi Eksploratori Lovemarks terhadap Pemilik Mobil Mercedes Benz di Surabaya. [Undergraduate thesis]
Preview |
PDF
M_4656_Abstrak.pdf Download (45kB) | Preview |
Abstract
Latar belakang pemilihan topik “Lovemarks” karena lovemarks adalah sebuah ide atau strategi yang mengubah konsep brands dan pemasaran (atau penciptaan kembali dari branding), yakni lovemarks sebagai brands hebat dimana kosumen memiliki alasan yang lebih dari loyalitas. Berdasarkan gejala yang ada bahwa Mercedes-Benz merupakan salah satu merek mobil di Indonesia yang memiliki keunggulan yaitu, kualitas terbaik, kenyamanan terbaik, citra merek bagus, serta pelayanan yang lebih dari espektasi pelanggan. Adapun komunitas Mercedes Club Indonesia sebagai wadah untuk saling berkomunikasi, berbagi informasi dan mengekspresikan rasa cinta serta dukungan kepada merek Mercedes Benz. Adapun konsep yang digunakan adalah Kevin Roberts ( 2004, p.79) “Lovemarks are personal. And they can be anything – a person, a country, a car, an organization. Lovemarks are a charismatic brands that people love and fiercely protect”. Lovemarks terdiri atas tiga elemen utama yaitu mystery, sensuality, dan intimacy Sumber data yang yang digunakan ialah depth interview dengan teknik snow ball sampling. Prosedur pengambilan data dengan melakukan wawancara secara mendalam melalui recorder. Titik analisis data dalam peneliitan ini menggunakan analisis kualitatif, dengan melakukan open coding, axial coding, serta selective coding. Berdasarkan hasil analisis, sebagian besar pernyataan yang paling dominanan adalah elemen intimacy, yang meliputi sub elemen empathy, commitment, dan passion. Elemen yang cukup dominan adalah mystery, meliputi sub elemen great stories, past, present, and future, dreams, nurture yours myths and icons, dan build on inspiration. Elemen yang kurang dominan adalah sensuality yang meliputi sub elemen sound, sight, dan touch. Melihat keseluruhan analisis tersebut, maka dapat diberikan rekomendasi berdasarkan penelitian kaulitatif, untuk melakukan penelitian bagaimana terbentuknya lovemarks terhadap mobil Mercedes Benz dengan menggunakan jenis penelitian deskriptif, selain itu juga dapat dilakukan studi kausal pengaruh lovemarks terhadap loyalitas pelanggan mobil Mercedes Benz di Surabaya.
Item Type: | Undergraduate thesis |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Lovemarks |
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Faculty of Business and Economic > Department of Management |
Depositing User: | Sugiarto |
Date Deposited: | 17 Sep 2015 07:44 |
Last Modified: | 18 Sep 2015 06:46 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/25484 |
Actions (login required)
View Item |