Santoso, Yunita (2009) Desain Pengembangan Produk Wisata Berbasis Recreation Tourism terhadap Taman Tirta Wisata di Kabupaten Jombang. [Undergraduate thesis]
Preview |
PDF
M_4674_Abstrak.pdf Download (327kB) | Preview |
Abstract
Pengembangan produk (product development) telah menjadi suatu bentuk usaha alternatif dalam upaya meningkatkan kunjungan wisatawan domestik maupun mancanegara di Indonesia. Hal itu terjadi karena pengembangan produk (product development) merupakan suatu bentuk usaha-usaha yang dilakukan oleh perusahaan-perusahaan industri pariwisata yaitu dengan cara memperbaiki produk lama atau sedang berjalan atau menambah macam dan jenis produk yang dihasilkan sesuai dengan keinginan dan kebutuhan wisatawan terhadap Daerah Tujuan Wisata masing-masing sehingga potensi yang terdapat di Daerah Tujuan Wisata tersebut dapat digali dan dikembangkan menjadi produk baru yang memiliki nilai jual yang sangat tinggi. Kualitas suatu produk industri pariwisata yang terdapat pada suatu Daerah Tujuan Wisata sangat bergantung pada fasilitas dan obyek serta atraksi wisata yang dimiliki oleh suatu daerah tersebut. Oleh karena itu, diperlukan suatu perencanaan dan pemasaran pariwisata yang matang sehingga pihak pengelola dapat berpikir tentang fasilitas, obyek, dan atraksi wisata yang pantas untuk dijual atau dikembangkan untuk menarik kunjungan wisatawan. Pihak pengelola harus dapat mengetahui tentang suatu produk mengalami kemunduran, jika diketahui produk terse but mengalami kemunduran maka produk tersebut harus segera diperbahurui dengan jalan pengembangan produk. Setelah itu, produk baru tersebut diperkenalkan kepada publik khususnya wisatawan melalui kegiatan promosi melalui berbagai macam media seperti koran, brosur, advertising, dan lain-lain sehingga dapat diketahui oleh wisatawan. Contoh pengembangan produk wisata adalah Taman Impian Jaya Ancol selalu melakukan · pengembangan produk wisata dengan cara penambahan atraksi wahana permainan, atraksi wisata, dart lain-lain untuk dapat meningkatkan kunjungan wisatawan serta pihak pengelola melakukan promosi terhadap pengembangan produk baru kepada wisatawan melalui media cetak maupun media elektronik. Taman Tirta Wisata terletak di desa Keplaksari, kecamatan Peterongan, kabupaten Jombang. Kondisi fasilitas sarana dan prasarana yang terdapat di Taman Tirta Wisata adalah kolam pancing yang kotor, taman yang tidak terawat, banyaknya kondisi wahana permainan yang rusak, tenda-tenda warung yang dibiarkan "semerawut", serta bangunan yang terdiri gedung PARBUPORA dibiarkan tidak terurus sehingga tempat tersebut kehilangan fungsi sebagai tempat wisata yang menjadi andalan Kabupaten Jombang. Oleh karena itu, Pemerintah Kabupaten Jombang berkeinginan menggejot kunjungan wisatawan ke Taman Tirta Wisata dengan tujuan untuk meningkatkan penerimaan PAD melalui pengembangan produk wisata yang dapat dilakukan dengan cara penambahan infrastruktur dan suprastruktur serta atraksi wisata yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan wisatawan. Oleh karena itu, diperlukan pengembangan produk wisata melalui penciptaan produk wisata baru, modifikasi produk wisata yang sudah ada atau renovasi produk wisata di Taman Tirta Wisata sehingga dapat menjadi sebuah momentum penting sebagai awal kebangkitan pembangunan kepariwisataan yang tetap berpegang pada sebuah karakter dan jati diri yang sesuai dengan Kabupaten Jombang.
Item Type: | Undergraduate thesis |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Desain wisata, Pengembangan Produk, Kabupaten Jombang |
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Faculty of Business and Economic > Department of Management |
Depositing User: | Sugiarto |
Date Deposited: | 07 Oct 2015 06:02 |
Last Modified: | 07 Oct 2015 06:02 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/25606 |
Actions (login required)
View Item |