Studi Deskriptif Loyalitas Merek Kopi Kapal Api Berdasarkan Persepsi Pelanggan di Surabaya

Wijaya, Eko Agus (2009) Studi Deskriptif Loyalitas Merek Kopi Kapal Api Berdasarkan Persepsi Pelanggan di Surabaya. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of M_4678_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
M_4678_Abstrak.pdf

Download (44kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/131410

Abstract

Penelitian ini bertujuan menggambarkan loyalitas merek Kopi Kapal Api berdasarkan persepsi pelanggan di Surabaya. Berdasarkan survei yang dilakukan oleh Majalah Swa, Kopi Kapal Api memperoleh Brand Value tertinggi diantara kopi bubuk. Brand Value diukur berdasarkan loyalitas merek. Loyalitas merek adalah kecenderungan pelanggan untuk bersikap positif terhadap suatu merek secara konsisten dan melakukan pembelian terhadap merek tersebut secara berulang–ulang. Loyalitas merek Kopi Kapal Api berdasarkan persepsi pelanggan di Surabaya, diukur melalui elemen-elemen loyalitas merek menurut Aaker (2005: 43-46) yaitu: (1) Behavior Measures (repurchase rate, percent of purchase, and number of brand purchased), (2) Switching Cost, (3) Satisfaction, (4) Liking of the brand, dan (5) Commitment. Berdasarkan hasil penelitian pada 100 responden diketahui bahwa Behavior Measures diukur berdasarkan pembelian terhadap Kopi Kapal Api pada pembelian berikutnya, pembelian terhadap Kopi Kapal Api pada pembelian terakhir, dan pembelian terhadap Kopi Kapal Api lebih sering dibandingkan kopi merek lain. Switching Cost diukur berdasarkan kerugian yang akan dirasakan pelanggan apabila membeli kopi merek lain. Satisfaction diukur berdasarkan kepuasan pelanggan dengan Kopi Kapal Api sehingga tidak berniat pindah ke merek lain. Liking of the brand diukur berdasarkan kesukaan pelanggan dengan nama merek Kopi Kapal Api, kemasan Kopi Kapal Api, dan merek Kopi Kapal Api yang terkenal. Commitment diukur berdasarkan kebanggaan yang dirasakan pelanggan karena menjadi pengguna Kopi Kapal Api dan kesediaan pelanggan untuk merekomendasikan Kopi Kapal Api kepada orang lain.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: Behavior Measures, Switching Cost, Satisfaction, Liking of the brand, Commitment.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Business and Economic > Department of Management
Depositing User: Sugiarto
Date Deposited: 07 Oct 2015 08:16
Last Modified: 07 Oct 2015 08:17
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/25608

Actions (login required)

View Item View Item