Hak Pemegang Hak Atas Tanah Eigendom untuk Mendapatkan Hak Setelah Habisnya Waktu Sebagaimana Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 1979 tentang Pokok-Pokok Kebijaksanaa dalam Rangka Pemberian Hak Baru Atas Tanah Asal Konversi Hak-Hak Barat

MU, ACHMAD (2014) Hak Pemegang Hak Atas Tanah Eigendom untuk Mendapatkan Hak Setelah Habisnya Waktu Sebagaimana Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 1979 tentang Pokok-Pokok Kebijaksanaa dalam Rangka Pemberian Hak Baru Atas Tanah Asal Konversi Hak-Hak Barat. Masters thesis, University of Surabaya.

[img]
Preview
PDF
MKN_234_Abstrak.pdf

Download (42Kb) | Preview
Official URL: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/237217

Abstract

Penelitian ini memfokuskan pada hak pemegang hak atas tanah eigendom untuk mendapatkan hak setelah habisnya waktu sebagaimana keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 1979 tentang Pokok-pokok Kebijaksanaan Dalam Rangka Pemberian Hak Baru Atas Tanah Asal Konversi Hak-Hak Barat. Penelitian ini memperoleh hasil bahwa konversi tanah eks hak barat berakhir sejak tanggal 24 September 1980, akibatnya hak atas tanah tersebut menjadi tanah negara. Selama bidang tanah tidak digunakan oleh negara untuk kepentingan umum pemegang hak dapat langsung mengajukan permohonan hak atas tanah eks hak barat atau pihak yang secara fisik menempati tanah beserta bangunannya. Penguasaan ahli waris atas bangunan yang berdiri di atas tanah negara eks eigendom, berdasarkan ketentuan Pasal 24 PP No. 24 Tahun 1997 beserta surat keterangan waris. Penolakan pengajuan permohonan hak eks eigendom oleh Kantor Pertanahan dengan alasan tidak adanya buku/kartu eigendom di Kantor Pertanahan, tidak berdasarkan hukum karena buku/kartu eigendom berada di Kantor Pertanahan sebagai bukti satu-satunya dan persyaratan ini juga tidak tercantum dalam ketentuan Pasal 24 PP No. 24 Tahun 1997.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Tanah eigendom, hak atas tanah, konversi, kantor pertanahan
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Postgraduate Programs > Master Program in Notary
Depositing User: Eko Wahyudi 197013
Date Deposited: 15 Oct 2015 06:59
Last Modified: 15 Oct 2015 06:59
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/25689

Actions (login required)

View Item View Item